Diskominfo Laksanakan Verifikasi dan Validasi Data untuk Portal Satu Data

BALIKPAPAN - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan Verifikasi dan Validasi data pada 4-5 Oktober 2023. Kegiatan ini melibatkan Badan Pusat Statistik (BPS) selaku pembina data dan Bappeda Litbang Kota Balikpapan selaku forum data.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan, Aditya Eka Wicaksana mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengecek apakah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku pendukung sudah mengirimkan data dan sesuai daftar data yang sudah disebarkan melalui forum data.

"Ini sekaligus dilakukan guna mengecek, apakah data sudah sesuai format standar data yang disampaikan Diskominfo selain wali data," bebernya Selasa (10/10/2023).

Sejauh ini, untuk daftar data di 2022 harusnya sudah rilis dan bertambah. Namun ada OPD yang belum mengirimkan.

Data yang disampaikan oleh OPD merupakan data yang akan dipublikasikan dalam Portal Satu Data. Bahwasanya Kota Balikpapan sebagai kota yang mendukung keterbukaan informasi.

"Data di Portal Satu Data akan terintegrasi dengan Satu Data Indonesia," imbuhnya.

Ditambahkan Kasi Data dan Statistik Diskominfo Balikpapan, Yulita Kusuma, setelah evaluasi dilakukan pengecekan OPD. "Sudah banyak OPD yang menyatakan telah menginput data," kata Yulita.

Data-data yang dikumpulkan ini antara lain meliputi data Sustainable Deveopment Goals (SDGs), kemudian data Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) yang dibutuhkan bagian pemerintahan, juga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang diperlukan Bappeda Litbang.

"Kalau data mikro seperti dari Disdukcapil yang mengeluarkan data tentang jumlah penduduk. Ini nanti dapat diakses dan terbuka untuk publik," tuturnya.

Untuk diketahui, seluruh data ini dapat diakses pada laman data.balikpapan.go.id oleh seluruh pihak. (diskominfo/cha/mgm)