ALKI II Zone Investment Forum Digelar, Wali Kota Balikpapan Ajak 11 Provinsi Manfaatkan Momen Pemindahan IKN

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud membuka rangkaian kegiatan ALKI II Zone Investment Forum 2023 yang akan digelar di kawasan Balikpapan Super Block (BSB) mulai 25-29 Oktober 2023. Dalam kesempatan ini ia bersama Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik menyambut para tamu undangan dan perwakilan dari 11 provinsi yang hadir.

Wali Kota Rahmad Mas'ud mengungkapkan rasa bangganya, karena Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah dipilih menjadi lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN). Pemindahan IKN ke Kaltim ini merupakan keputusan yang strategis dalam rangka pemerataan perekonomian nasional masa depan. 


"Oleh karena itu keberadaan IKN diharapkan menjadi magnet pertumbuhan bagi daerah-daerah yang berada di sekitarnya. Khususnya yang berada di jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II. Mengingat IKN berada di Selat Makassar yang merupakan jalur ALKI II," ungkapnya.

Keberadaan ALKI II ini sudah selayaknya dimanfaatkan untuk meningkatkan potensi perekonomian dan menarik investasi untuk kemakmuran bangsa. Ia menerangkan, potensi perkembangan perekonomian wilayah di ALKI II ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi 11 provinsi di wilayah ini beberapa tahun terakhir. 

"Secara rata-rata pertumbuhannya berada di atas ekonomi nasional yaitu sebesar 5,41 - 6,03%, sementara di tingkat nasional pada kisaran 5,02 - 5,17%. Dari pertumbuhan ekonomi ini, daerah/provinsi yang berada di wilayah ALKI II secara PDRB saat ini juga telah memberikan kontribusi sebesar 29% terhadap perekonomian Indonesia. Dan menunjukkan tren yang meningkat dari tahun ke tahun," paparnya. 

Dengan begitu menurutnya kolaborasi antar daerah, terutama yang dilalui ALKI II sangat penting untuk tumbuh bersama. Memanfaatkan potensi yang dimiliki masing-masing daerah, terutama dengan adanya momentum pembangunan IKN yang berada di kawasan ALKI II. 

"Keberadaan IKN akan jadi koridor bisnis yang sangat menarik bagi pengembangan perekonomian dan kegiatan investasi. ALKI II Zone Investment Forum juga Nusakraf 2023 ini akan jadi kesempatan mengenalkan potensi perekonomian dan investasi pada daerah ALKI II," tegasnya.

Inisiasi yang dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan melalui penyelenggaraan ALKI II Zone Investment Forum ini, juga dirangkai Nusantara Ekonomi Kreatif (Nusakraf) dan Balikpapan Fashion Week. Diharapkan sebagai forum pertemuan, pengembangan dan penguatan ekonomi daerah-daerah di kawasan ALKI II. 

"Juga dengan ini kita mendukung IKN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan ALKI II. Serta memperkenalkan budaya kita kepada dunia," ungkap wali kota.

Tak hanya International Investment Seminar, ALKI II Zone Investment Forum memberikan ruang bagi potensial investor, baik dalam maupun luar negeri. "Untuk mengakses peluang investasi IPRO kabupaten/kota dari 11 provinsi, di International Investment Expo, business matching dan one-on-one meeting," harapnya.

Untuk diketahui sebelumnya juga telah dilaksanakan IPRO Award sebagai bentuk kurasi atas 15 ipro kabupaten/kota dari 11 provinsi Zona ALKI II. "Semoga kegiatan ini akan berlangsung terus secara konsisten dari tahun ke tahun. Dengan begitu kita bisa meningkatkan terus investasi di masa mendatang," katanya. (diskominfo/cha/mgm)