Kompas100 CEO Forum Powered by PLN Digelar di Balikpapan

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan, Adamin Siregar hadir dalam kegiatan Kompas100 CEO Forum Powered by PLN, Rabu (1/11/2023) di Hotel Novotel Balikpapan.

Ini adalah forum yang merupakan ajang dialog antara CEO, Pemerintah, akademisi, dan publik. Kegiatan ini mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk berkontribusi dalam membangun negeri. Dengan mengusung tema "Melaju menuju Indonesia emas".

Acara ini berlangsung 1-2 November 2023. Selain diselenggarakan di Balikpapan, pada hari kedua kegiatan akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pada hari pertama, dilaksanakan diskusi panel dengan narasumber sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Meliputi Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Menteri PAN/RB RI Abdullah Azwar Anas, dan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

Diskusi ini membahas topik Industrialisasi Berkelanjutan untuk Generasi Indonesia Maju. Dalam paparannya, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani menjelaskan seputar politik anggaran pemerintah guna mendorong industrialisasi berkelanjutan berbasis manufaktur dan menyiapkan tenaga kerja terampil.

"Tahun 2045 menuju Indonesia emas, kita berbicara tentang investasi SDM. Meliputi berbagai aspek, pendidikan, kesehatan, dan jaring pengaman sosial. Tidak mungkin suatu negara maju kalau masyarakatnya terbelakang. Maka dalam APBN investasi di bidang SDM adalah terbesar. Untuk pendidikan sebesar 20 persen, kesehatan 5,6 persen tahun depan, social safety net mendekati 18 persen total terhadap subsidi kompensasi," bebernya.

Ia juga berharap, para CEO yang hadir pada kesempatan ini berhati-hati dalam melihat fenomena global ini. "Karena situasi global perubahannya sangat cepat," terangnya.

Pada kesempatan ini hadir juga Menteri PAN/RB RI Abdullah Azwar Anas yang memaparkan peran aparatur dan birokrasi yang efektif dan andal untuk melayani dunia usaha.

Juga Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin yang memberikan perspektif tentang menyiapkan generasi Indonesia yang sehat dan unggul, untuk mengisi industrialisasi berkelanjutan guna mencapai Indonesia maju.

Diskusi ini dimoderatori akademisi yang juga Rektor Unika Atma Jaya A Prasetyantoko. Diskusi dan talkshow interaktif dengan para menteri tersebut membuka kesempatan bagi para CEO dan tamu undangan turut berkontribusi membahas kondisi perekonomian dan proyeksi untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. (diskominfo/cha/mgm)