Kesbangpol Rangkul Ormas Balikpapan, Bersinergi Sukseskan Pemilu 2024

BALIKPAPAN - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Balikpapan kembali menggelar sosialisasi yang kali ini menyasar organisasi masyarakat (ormas). Kegiatan dilaksanakan Selasa (7/11/2023) di Hotel Maxone Balikpapan.

Sosialisasi kali ini adalah mengangkat tema peran ormas Kota Balikpapan dalam bersinergi dan membangun kota, serta mendukung Pemilu serentak tahun 2023.

Mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, Staf Ahli Bidang Sosial, Kesejahteraan dan Pengembangan SDM Heria Prisni membuka acara. "Saya menyambut baik dilaksanakannya sosialisasi ini, dengan harapan jadi salah satu instrumen penting membangun kesiapan kita, menuju pemilu serentak," ungkap Heria.

Ia menjelaskan, dalam pembangunan secara umum, peran ormas adalah sebagai wadah warga masyarakat untuk berekspresi, menyampaikan aspirasi, guna mendukung pelaksanaan pembangunan.

Pembangunan tidak akan berhasil tanpa adanya partisipasi atau peran aktif masyarakat, termasuk keberadaan ormas. Terutama sebagai sarana komunikasi sosial secara timbal balik antara anggota antar ormas dengan organisasi kekuatan sosial politik, kekuatan perwakilan rakyat.

"Di samping itu keberadaan ormas diharapkan menjadi katalisator. Yakni sebagai perantara antara pemerintah dengan masyarakat agar terjalin hubungan harmonis," tuturnya.

Dalam mendukung pelaksanaan pemilu 2024, lanjutnya, peran ormas sangatlah besar. Khususnya dalam memberikan kontribusi positif urnuk menyiapkan kader-kader pemimpin. Yang nantinya menjadi penyelenggara maupun pemilih dalam pemilu.

"Selain itu, ormas juga diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam mengedukasi masyarakat untuk ikut mengawasi pelaksanaan pemilu, serta mewujudkan pemilu damai," ungkapnya.

Ia pun mengingatkan, sudah bukan zamannya lagi pemilu marak diwarnai fitnah, hoax, ujaran kebencian dan narasi-narasi kampanye hitam yang saling menjatuhkan.

"Pemilu haruslah menjadi proses pendidikan politik yang sehat, diisi dengan adu gagasan, pemikiran, dan program, dalam upaya menuju terwujudnya kedewasaan masyarakat dalam berdemokrasi," ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Kesbangpol Kota Balikpapan, Sutadi mengatakan, kegiatan kali ini adalah untuk mensosialisasikan pada seluruh elemen masyarakat. Bagaimana memahami terkait upaya yang dilakukan pemerintah kota dalam persiapan pemilu ini.

"Kami di sini melakukan sosialisasi dan edukasi, terutama kepada ormas Kota Balikpapan. Karena mereka adalah bagian dari elemen masyarakat yang sangat penting. Diantaranya memveri kontribusi pembangunan kota," jata Sutadi.

Dalam hal ini badan Kesbangpol berupaya melakukan penyamaan persepsi dengan ormas. Menyembuhkan pandangan, bahwa pemilu harus berhasil. Dan ini tentu saja melibatkan elemen masyarakat. "Ormas ini baik pimpinan maupun anggotanya perlu mendapatkan pendidikan politik. Supaya memiliki persepsi yang sama. Bahwa menjadi warga negara berkewajiban juga dalam mensukseskan pemilu," jelasnya

Dengan kegiatan ini ormas dan anggotanya lebih memahami bahwa Pemilu adalah kegiatan demokrasi 5 tahunan yang mesti disosialisasikan bersama. Jika sudah memiliki persepsi yang sama tentang pentingnya pemilu, maka dukungan mereka terhadap peningkatan partisipasi pemilu sangat diharapkan.

"Mudah-mudahan bisa disebarkan oada anggotanya. Karena keberhasilan Pemilu itu bukan hanya dilihat dari telah dilaksanakannya pemilu tersebut. Tapi bagaimana peningkatan kualitas pemilu atau partisipasi masyarakat," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)