Hari Pahlawan 10 November, Pemkot Bersinergi Gelar Upacara di Tiga Tempat


BALIKPAPAN - Memperingati Hari Pahlawan, 10 November 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan melaksanakan sejumlah kegiatan. Yang mana pada pelaksanaannya nanti pemkot akan bersinergi dengan jajaran Kodim 0905/ Bpn, Lanal Balikpapan Lanud Dhomber, juga Polresta Balikpapan.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Edy Gunawan menjelaskan, akan ada ada upacara di tiga lokasi berbeda. Pertama di Halaman Balaikota Balikpapan yang akan dipimpin Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud. Sementara lokasi lainnya adalah Taman Makam Pahlawan (TMP) dan Teluk Balikpapan.

"Nanti bapak Wali Kota Balikpapan sebagai inspektur upacara. Akan ada pejabat yang diundang. Untuk upacara di TMP sekaligus dilakukan ziarah makam pahlawan. Sementara untuk upacara di Teluk Balikpapan akan dilaksanakan di atas kapal patroli. Nanti juga akan ada tabur bunga di laut untuk mengenang jasa pahlawan," terangnya.

Selanjutnya, Dinas Perhubungan bersama kepolisian akan mempersiapkan kegiatan mengheningkan cipta bersama di Simpang Plaza Balikpapan. Kali ini mengheningkan cipta hanya dilakukan di satu lokasi saja, mengingat sejumlah jalan di Kota Beriman cukup padat.

"Seperti Balikpapan Baru dan MT Haryono kan crowded. Makanya kami hanya laksana di Simpang Plaza Balikpapan. Tepat pukul 08.15 Wita akan dinyalakan sirine dari Pertamina. Selain itu BPBD juga akan menyalakan sirine di beberapa lokasi lain," jelas Kepala Dinas Sosial Kota Balikpapan.

Ia mengatakan, kegiatan-kegiatan ini sebagai pengingat akan jasa para pahlawan yang jasanya kini dapat dinikmati. "Karena jika bukan aktena mereka kita tidak dapat hidup seperti sekarang. Mungkin Indonesia belum merdeka," ujarnya.

Ia mengajak semua warga untuk mengenang bersama dan menghargai perjuangan tersebut. Sehingga diharapkan, banyak warga/masyarakat bisa mengisi kemerdekaan dengan terlibat akan pembangunan Kota Balikpapan. Pemerintah Kota Balikpapan juga mengimbau warga kota untuk mengibarkan bendera merah putih pada hari pahlawan. (diskominfo/cha/mgm)