Sekda Kota Balikpapan Lepas Kontingen Balikpapan untuk Peparprov IV Kaltim


BALIKPAPAN - Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin melepas kontingen Balikpapan untuk mengikuti Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (13/11/2023) di halaman Balaikota Balikpapan.

Pada kesempatan ini sekda didampingi National Paralympic Committee (NPC) Kaltim mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud selaku Ketua Umum Perpaprov IV Provinsi Kaltim.

Para atlet difabel Kota Balikpapan ini akan mewakili kota beriman untuk bertanding dengan perwakilan kabupaten/kota lainnya pada 15-20 November 2023. Peparprov IV ini digelar di Balikpapan, yang bertempat di lima venue. Meliputi BSCC Dome, Tenis Stadium Indoor Balikpapan, Lapangan Sudirman, Kolam Renang Mulawarman, dan Hevindo.

"NPC Kaltim mempercayakan Balikpapan sebagai tuan rumah. Kita berharap bisa menjadi yang terbaik. Bukan hanya menjadi juara, tapi juga dalam pelaksanaan yang berlokasi di Kota Balikpapan ini," ungkap Muhaimin.

Ia juga berharap penyelenggaraan bisa sukses dan para peserta dapat meraih prestasi. Untuk diketahui, kegiatan ini didanai Pemerintah Provinsi Kaltim yang disalurkan sebagai dana hibah pada NPC Kaltim.

"Kegiatan ini adalah kegiatan dari provinsi. Sehingga pada pelaksanaannya menggunakan dana hibah DBON (Desain Besar Olahraga Nasional) ke PNC Kaltim," ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam hal ini Pemerintah Kota Balikpapan akan menyiapkan bonus melalui anggaran Disporapar jika para atlet dapat menorehkan prestasi. "Itu selalu kita lakukan, bukan hanya di tingkat kota. Tapi juga tingkat provinsi, bahkan nasional," katanya.

Ditambahkan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, Ratih Kusuma mengatakan, ada 174 perwakilan asal kota Balikpapan. Terdiri dari 141 atlet dan 31 pelatih. "Ada 13 cabang olahraga dan 658 atlet yang terlibat," kata Ratih.

Sementara, Ketua Suharyanto mengungkapkan, saat ini pihaknya masih terus mempersiapkan, baik secara teknis maupun kebutuhan akomodasi peserta.

Kegiatan Peparprov ini adalah upaya mempersiapkan atlet Kaltim menuju Peparnas. Karena pada Peparnas sebelumnya Kaltim tidak melalui Peparprov. "Jadi perpaprov ini adalah adalah persiapan bagi kabupaten/kota di Kaltim untuk peparnas tahun depan ke Medan," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)