Pemkot Balikpapan Perkenalkan Beragam Program di Forum Smart City Nasional 2023 di Tangsel


BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan menghadiri gelaran Forum Smart City Nasional bertajuk Pameran dan Awarding Gerakan Menuju Smart City 2023 yang dihelat di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan (Tangsel). Acara ini digelar pada 7 Desember 2023 dan melibatkan ratusan kabupaten/kota se Indonesia.

Balikpapan menjadi salah satu kabupaten/kota yang terlibat pameran. Stand Balikpapan menampilkan berbagai inovasi smart city Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Balikpapan.

"Dari seluruh program Smart City di Kota Balikpapan, kami di sini menampilkan Gradasi, Sigab, One Map One Data, dan ESTPD," ungkap Kabid E-government Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan, Raihanah Rahmah (7/10/2023).

Tema Kota Balikpapan adalah Balikpapan Smart City sebagai pintu gerbang Ibu Kota Nusantara (IKN). Menampilkan seluruh program Smart City, kemajuan dan Sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE) di Kota Balikpapan.

Sebagai salah satu program yang dipamerkan, Integrasi Data Warehouse Aplikasi (Gradasi). Adalah kumpulan data yang terkumpul dalam satu tempat. Berasal dari masing-masing perangkat daerah dan dikumpulkan dalam satu data warehouse.

"Jadi masing-masing data ini tidak akan terganggu dan dijamin keaslian datanya. Sementara yang diolah berasal dari data warehouse. Ini akan jadi penyumbang pertimbangan keputusan oleh pimpinan," ungkapnya.

Stand pameran Kota Balikpapan juga menyajikan permainan bagi para pengunjung. Nantinya mereka bisa mendapatkan berbagai souvenir manik-manik khas Kota Balikpapan seperti kalung, gelang, sarung pulpen dan gantung kunci. (diskominfo/cha/mgm)