Wali Kota Sidak Pasar dan Parsel Jelang Natal

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud bersama Forkopimda dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) pasar dan parsel jelang Natal 2023, Rabu (13/13/2023).

Sidak dilaksanakan di Pasar Sepinggan dan beberapa toko yang menjual parsel di kawasan Pasar Klandasan

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud mengungkapkan, tidak ada temuan produk kedaluwarsa. Meskipun ditemukan produk yang mendekati masa kedaluwarsa, yakni Desember 2023. Wali kota sudah meminta produk tersebut untuk ditarik dari peredaran.

"Alhamdulillah kami minta kepada pemilik toko segera menarik produk tersebut. Yang mendekati masa kedaluwarsa," ungkapnya.

Untuk pasar Sepinggan, Wali Kota melakukan pengecekan harga sejumlah komoditas yang memungkinkan mengalami kenaikan. Seperti cabai dan ayam potong, menurutnya ada kenaikan harga kendati tidak signifikan.

"Tidak memberatkan. Jadi sejauh ini tidak ada temuan. Dan kalau ada temuan maka laporkan saja," ungkapnya.

Sementara itu, harga ikan juga ditemukan mengalami kenaikan. Terkait ini akan terus dipantau agar harga bisa ditekan. Terutama karena tak lama lagi tahun baru.

"Biasa mendekati tahun baru makin banyak keperluan. Seperti hukum pasar, banyak permintaan namun suplai terbatas, maka ada kenaikan. Kami juga imbau pedagang tidak menaikkan harga secara berlebihan," katanya.

Ia menambahkan, sidak ini adalah bentuk hadirnya pemerintah. Bahwa ini jadi bentuk pengawasan agar hal-hal tidak diinginkan bisa dicegah.

"Jangan sampai pemerintah yang disalahkan. Dengan kami turun, maka kami melakukan tugas pengawasan kami. Ini ikhtiar untuk mengingatkan juga," katanya. (diskominfo/cha/mgm)