Wali Kota Lantik Pejabat Pemkot Balikpapan dan Direksi PTMB

BALIKPAPAN - Jelang penghujung tahun 2023, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pimpinan tinggi pratama, administrator, dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, serta pelantikan dan pengukuhan Direksi Perusahaan Umum Daerah Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB), Jumat (29/12/2023) di Aula Balai Kota Balikpapan.

Wali Kota menyampaikan selamat pada mereka tang telah dilantik. Termasuk jajaran direksi Perumda Tirta Manuntung Balikpapan. "Pelantikan ini adalah wujud penyegaran sekaligus salah satu strategi menghadapi tugas, pekerjaan dan tantangan yang sudah menanti di tahun 2024," ungkapnya.

Ia berharap Pemerintah Kota Balikpapan dapat menunjukkan kinerja yang lebih baik dan lebih tanggap terhadap berbagai masukan dari masyarakat. Ini dalam rangka mewujudkan pembangunan kota Balikpapan yang lebih maju.

"Di tahun 2024 mendatang akan terjadi suksesi kepemimpinan nasional, oleh karena itu saya meminta kepada segenap jajaran pemerintah kota Balikpapan untuk dapat mengantisipasi dan menyesuaikan dengan adanya suksesi tersebut," harapannya.

Ia juga berharap para pejabat di lingkungan pemerintah kota Balikpapan dapat bekerja secara profesional dan terukur. "serta memiliki target kinerja yang jelas dan dapat direalisasikan. Berbagai keberhasilan yang dicapai hendaknya dapat dijadikan standar capaian kinerja yang akan datang. Sedangkan yang masih kurang hendaknya dapat segera dibenahi dan ditingkatkan," tegasnya.

Ia pun menyampaikan pada Direksi PTMB dan jajaran yang akan bertugas, bahwa Balikpapan memiliki peran ganda. Di satu sisi sebagai institusi yang berorientasi sosial untuk memberikan layanan publik, dan di sisi lain juga berorientasi ekonomi. "Yaitu untuk mendapatkan profit atau keuntungan yang bisa mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," sebutnya.

Dirinya berharap, jajaran direksi yang baru dapat melakukan terobosan, inovasi, dan juga pembenahan. Baik internal maupun eksternal, demi peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan Perumda Air tirta manuntung kepada masyarakat.

"Tahun 2023 Kota Balikpapan sempat mengalami kondisi minimnya ketersediaan air bersih, akibat kurangnya curah hujan pada musim kemarau yang disebabkan oleh fenomena alam El Nino. Saya berharap ke depannya PTMB dapat melakukan pengelolaan air bersih secara lebih efisien agar kebutuhan air bersih masyarakat dapat dipenuhi," harapnya. (diskominfo/cha/mgm)