Germas dan Bazar TPID Kembali digelar di Hari Jumat Pekan Kedua

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan Germas dan Bazar TPID pada Jumat (19/1/2024) di halaman Balaikota Balikpapan. Ini adalah gelaran Germas perdana di tahun 2024. Kegiatan ini akan digelar pada pekan kedua per bulan.

Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Balikpapan, Sri Hrtini Anugraha menjelaskan, kegiatan Germas dan Bazar TPID ini adalah cara menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok. Mengevaluasi kegiatan ini di tahun sebelumnya, ada efek terhadap inflasi Kota Balikpapan yang dapat ditekan.

Walaupun kegiatan ini juga didukung dengan sejumlah kegiatan operasi pasar maupun bazar lainnya. Sehingga kegiatan semacam ini dianggap efektif.

Pada bazar TPID turut dilibatkan Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP), Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3), Dinas Perdagangan, UMKM, petani, dan lainnya.

"Dinas Perdagangan menyediakan berbagai bahan kebutuhan pokok seperti beras, telur, juga kebutuhan lain," katanya.

Bazar ini seperti biasa, terbuka untuk umum. Sehingga saat pelaksanaan Germas dan Bazar TPID, masyarakat dipersilakan ikut terlibat. Ditambah lagi dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis.

Sehingga selain berbelanja, juga dapat dilakukan pemeriksaan kesehatan yang meliputi tekanan darah, gula darah, asam urat, dan lainnya. "Masyarakat silakan datang, karena ini dibuka untuk umum," katanya.

Selain pada kegiatan germas ini, juga akan dilaksanakan operasi pasar sebagai upaya menstabilkan harga kebutuhan pokok. "Operasi pasar kemungkinan Februari kami lakukan operasi pasar," katanya.

Kegiatan operasi pasar tersebut nantinya didukung oleh Dinas Perdagangan sebagai pelaksana.(Diskominfo/cha/mgm).