Balikpapan Raih Kategori A pada Penilaian Kepatuhan 2023 oleh Ombudsman RI

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan memperoleh kategori A pada penilaian kepatuhan tahun 2023 kategori Pemerintah Daerah yang diselenggarakan Ombudsman Republik Indonesia (ORI). Penyampaian hasil oleh ORI dilaksanakan Selasa (30/1/2024) di Kantor ORI Kaltim di Balikpapan.

Mewakili Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, hadir Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin yang juga menyampaikan sambutannya. "Kalau tidak salah tahun-tahun sebelumnya Balikpapan pernah peringkat satu. Tapi kita tidak boleh terlena. Karena kadang di atas kadang di bawah," kata Muhaimin.

Meskipun nilai kota Balikpapan pernah dibawah 90, namun kali ini Balikpapan berhasil meraih nilai 90,16. Ini, menurutnya berkat dukungan dari jajaran Ombudsman RI. Termasuk surat dari masyarakat yang menyampaikan permasalahan dan sanggahan di Balikpapan. Pemerintah Kota selalu diingatkan Untuk segera menyelesaikan, karena ini menjadi poin agar pelayanan publik cepat selesai dan transparan.

"Saya masih ingat saat bertugas di dinas pendidikan, Ombudsman juga selalu mengawasi kami. Ternyata proses bisa kami lalui," ungkapnya.

Pemerintah Kota Balikpapan, selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik. Wali Kota Balikpapan menurutnya juga mengungkapkan bahwa Balikpapan adalah kota jasa, kota perdagangan. Maka salah satu cara untuk menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD)dengan pelayanan publik yang terbaik.

"PAD kami paling banyak dari pajak hotel dan restoran. Maka dengan kedatangan tamu seperti bapak dan ibu sekalian kami memperoleh PAD," tuturnya.

Dalam hal ini Pemerintah Kota Balikpapan berharap agar terus dibina dan dibimbing oleh ORI. Karena pada instansi terus terjadi pergeseran dan rotasi atau mutasi di kalangan ASN. "Nah ada kalanya saat menduduki jabatan tertentu, ada yang semangatnya tinggi dan ada yang menurun. Sehingga harus ada kemauan dari staf dan motivasi dari pimpinan," katanya.

Walaupun dari eksternal, ORI selalu mengingatkan, sehingga Pemerintah Kota Balikpapan bisa terus berbenah. Pelayanan publik diharapkan bisa semakin baik setiap saat.

"Kami selalu berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Kami Pemerintah Kota Balikpapan mengucapkan terimakasih pada jajaran Ombudsman RI juga Pemerintah Samarinda. Untuk menjadi motivasi," ungkapnya.

Daerah mana pun yang memiliki nilai tertinggi, akan selalu menjadi pelajaran bagi daerah-daerah lainnya. Terkait apa yang harus diperbaiki. "Maka motivasi ini bagaimana agar yang kurang kita tingkatkan jadi lebih baik lagi," ujarnya.

Pemerintah kota Balikpapan berkomitmen memberi pelayanan yang terbaik. Karena itu adalah bentuk penghargaan kepada masyarakat. "Terimakasih sudah hadir di Balikpapan," katanya. (diskominfo/cha/mgm)