Musrenbang Balikpapan Timur, Rencanakan Bangun Pusat Kuliner dan Sawah


BALIKPAPAN - Kecamatan Balikpapan Timur (Baltim) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan pada Kamis (1/2/2024) di Aula Embarkasi Haji Batakan. Ada 76 usulan kegiatan fisik dari perwakilan 4 kelurahan di Kecamatan Balikpapan Timur yang masuk usulan untuk direalisasikan pada tahun 2025 mendatang.

Camat Balikpapan Timur, Mustamin menjelaskan, dari total 76 usulan tersebut, 64 diantaranya merupakan kegiatan non prioritas. Sementara 12 kegiatan fisik lainnya merupakan usulan prioritas.

Dari 64 usulan ini diantaranya dari Kelurahan Manggar sebanyak 21 usulan, Manggar Baru 15 usulan dan Lamaru sebanyak 13 usulan, serta dari Kelurahan Teritip 15 usulan. "Jumlah usulan yang menjadi kebutuhan di masing-masing RT tersebut sebenarnya masih sangat kurang,” sebut Mustamin.

Sementara, terkait dengan usulan kegiatan prioritas, Mustamin menjelaskan beberapa diantaranya adalah pengembangan atau renovasi halaman parkir di Embarkasi Haji tidak hanya sebagai kawasan lahan parkir tetapi juga sebagai kawasan kuliner, lokasi pameran sekaligus upacara dan sebagai tempat pentas seni.

Bahkan rencananya di Balikpapan Timur akan dibuat sawah baru di kawasan Teritip seluas 197,6 hektar, yang saat ini telah dibuat jalan sepanjang 3,5 kilo. "Mudah-mudahan itu dapat menjadi lumbung padi terbesar di Balikpapan Timur," harapnya.

“Kemudian kita juga mengusulkan agar dibangun kawasan pusat kuliner di dekat area Jembatan Manggar melewati Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Karena wancana itu sangat berpotensi sekali untuk dikembangkan. Intinya kedepan kita ingin membangun seluas-luasnya kawasan kuliner di Baltim,” tutur Mustamin

Mustamin juga menambahkan, jika kedepannya nanti pihaknya juga akan mengusulkan pemekaran kelurahan di Manggar dengan menaruhkan 20 RT.

“Sudah kami petakan, namun karena anggaran terbatas jadi insyaallah tahun depan baru pemekaran menjadi 2 keluarahan di kawasan Manggar. Wali Kota sangat respon sekali untuk pengembangan pembangunan di wilayah Baltim. Mudahan nantinya bisa dirasakan manfaat baiknya oleh seluruh masyarakat Baltim,” pungkasnya. (diskominfo/cha/mgm)