Musrenbang Balikpapan Barat, Usulan Prioritas Seputar Infrastruktur Fisik

BALIKPAPAN - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat kecamatan digelar di Kecamatan Balikpapan Barat, Kamis (1/2/2024) di Hotel Blue Skay Balikpapan. Kegiatan ini mengangkat tema Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan yang Kreatif dan dibuka Camat Balikpapan Barat, Erwin.

Dalam kesempatan tersebut hadir Anggota DPRD Kota Balikpapan, Taufik Qul Rahman, perwakilan Bappeda Litbang, Dinas Pekerjaan Umum, serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Ketua RT dari enam kelurahan seluruh Balikpapan Barat.

Pada pemaparannya Erwin menerangkan, pada musrenbang kali ini ada 79 usulan dari enam kelurahan yang nantinya akan dijadikan program prioritas pembangunan selama tahun 2024. Usulan nantinya akan disampaikan untuk dibahas dalam Musrenbang tingkat Kota Balikpapan.

“Kebanyakan dari 79 yang diusulkan adalah peningkatan infrastruktur fisik seperti peningkatan jalan, drainase dan lainnya. Namun non fisiknya juga tetap ada yang kami usulkan,” ujar Erwin.

Adapun beberapa rencana pembangunan di Balikpapan Barat cukup beragam. Antara lain kepastian pembangunan Rumah Sakit di kawasan Baru Ulu dan pembangunan SMK Negeri 7 yang lokasinya berada di Jalan Baru.

Menurutnya, ada beberapa pula usulan non fisik yang dibahas. Seperti pemanfaatan Posyandu dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan untuk berbagai bidang. “Tapi untuk non fisik itu akan dilakukan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,” katanya.

Kegiatan non fisik lain adalah peningkatan kemampuan pelaku usaha UMKM yang dilaksanakan oleh dinas tekait, dalam hal ini Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan, atau Dinas Perdagangan.

“Kesimpulannya, semua elemen masyarakat Balikpapan Barat mendukung. Terutama perwakilan LPM dan RT ikut mengawal. Mereka harapkan keberlanjutan program prioritas. Namun sudah saya sampaikan bahwa realisasi usulan juga menyesuaikan anggaran Pemerintah Kota Balikpapan,” tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)