Dinkes Pastikan KPPS Bugar dan Sehat Jelang Pemilu 2024


BALIKPAPAN - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan melaksanakan senam bersama di enam kecamatan, Minggu (4/02/2024). Salah satunya di Asrama Haji Batakan, Balikpapan Timur. Senam ini dipimpin Kepala Dinkes Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty.

Pada kegiatan ini hadir juga Assisten Tata Pemerintahan Setdakot Balikpapan, Zulkifli mewakili Wali Kota Rahmad Mas’ud. Para peserta adalah anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Tujuan senam ini adalah menjaga kebugaran para petugas untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

"Petugas KPPS untuk melaksanakan senam setiap hari sebagai bagian dari persiapan Pemilu. Selain senam, penting juga menjaga istirahat cukup, pola makan sehat, minum yang cukup, dan memastikan kartu BPJS Kesehatan aktif," ungkap Dio, sapaan Andi Sri Juliarty.

Nantinya pada gelaran Pemilu Dinkes Kota Balikpapan juga akan menyiagakan anggota kesehatan secara mobile di tempat pemungutan suara (TPS) pada hari pemungutan suara.

Menurut Dio, pihaknya akan fokus pada senam, namun juga membuka tenant pemeriksaan gratis untuk memastikan kondisi kesehatan para petugas KPPS, terutama yang sebagian besar adalah wanita.

Untuk informasi, Pemilu 2024 di Balikpapan akan melibatkan 509.487 pemilih dengan 1.759 TPS. Setiap TPS akan dijaga oleh tujuh anggota KPPS dan dua petugas linmas. (diskominfo/cha/mgm)