HUT Ke-127 Kota Balikpapan, DPRD Kota Gelar Sidang Paripurna Istimewa

BALIKPAPAN - Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati HUT ke-127 tahun Kota Balikpapan dilaksanakan Kamis (8/2/2024). Dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Balikpapan didampingi Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan para Wakil Ketua DPRD.

Ketua DPRD Abdulloh membuka kegiatan dan menyampaikan, pada hari jadi ke-127, tak lepas dari perjuangan para pendahulu. Berbagai kemajuan kini dapat dirasakan di Kota Beriman.

Abdulloh juga menyambut kehadiran para Wali Kota dan Wakil Wali Kota terdahulu Kota Balikpapan. "Dedikasi yang bapak ibu berikan bagi Kota Balikpapan akan selalu dikenang hingga generasi selanjutnya," ungkapnya.

HUT Kota Balikpapan tahun ini mengusung tema Balikpapan kondusif, sinergi dan berkelanjutan. Hal ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan suasana kondusif, bersinergi dan berkelanjutan dalam membangun Kota Balikpapan.

"Jelang pesta demokrasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden juga legislatif, saya mengimbau pada masyarakat khususnya di Balikpapan untuk menjaga semangat kebersamaan dan menghormati perbedaan pendapat dan pilihan," tuturnya.

Dalam kesempatan ini Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud juga memberikan penghargaan bagi warga berprestasi sesuai bidang masing-masing. "Ini adalah wujud kepedulian Pemerintah Kota Balikpapan pada warga berprestasi," ungkapnya.

Mereka yang menerima penghargaan warga berprestasi terdiri dari budang olahraga, sains, pemuda, literasi, keagamaan, pendidikan, kesehatan, lingkungan, Umkm, dan lainnya.

Selain itu juga diberikan penghargaan bagi warga penggerak, pencipta lagu Kota yang Nyaman, PMI, Kampung Sehat Tanpa Rokok, dan Perusahaan Ramah Anak.

Pada momen HUT Kota Balikpapan ini juga dilakukan peresmian dan launching e-Retribusi pada Pasar Pandansari, layanan cetak KTP elektronik dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital di kecamatan se-Balikpapan, peresmian Puskesmas Karang Rejo, peresmian Kantor Kelurahan Damai, Peresmian Pasar Klandasan, dan peresmian gedung arsip.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud juga melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara terkait upaya pemenuhan kebutuhan air minum bagi masyarakat.

Kabupaten Penajam Paser Utara diwakili oleh Pj Bupati Makmur Marbun, sementara Kabupaten Kutai Kartanegara diwakili Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kutai Kartanegara Wiyono.

Wali Kota Rahmad Mas'ud juga menyebutkan, Kota Balikpapan pada tahun 2023 telah mendapatkan 53 penghargaan yang terdiri dari 38 penghargaan tingkat provinsi dan 15 penghargaan tingkat nasional.

Kota Balikpapan berhasil meraih apresiasi daerah peduli inovasi ekonomi kreatif dan pengembangan pariwisata dari Kompas TV yang diserahkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Untuk penghargaan di bidang lingkungan hidup, Kota Balikpapan berhasil meraih penghargaan Adipura Kencana 2023, penghargaan Nirwasita Tantra 2023, penghargaan Kebun Raya Terbaik di Indonesia 2023 dan penghargaan Panji Lingkungan Peringkat Pertama 2023. (diskominfo/cha/mgm)