Upacara Hari Jadi ke-127 Kota Balikpapan, Pj Gubernur Kaltim Jadi Inspektur Upacara

BALIKPAPAN - Upacara Hari Jadi ke-127 Kota Balikpapan digelar Sabtu (10/2/2024) di Halaman Balikpapan Sport and Convention Center (BSSC) Dome. Pj Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik bertugas sebagai inspektur upacara. Sementara Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud hadir sebagai peserta upacara.

Dalam kesempatan ini Pj Gubernur menyampaikan amanatnya. Yang antara lain mengajak warga Kota Beriman tetap menjaga kondusivitas. Juga bekerjasama, bersinergi dna berkontribusi dalam pembangunan.

"Tema HUT ke-127, yakni Balikpapan kondusif, sinergi dan berkelanjutan harus seiring dengan realisasinya. Terlebih Balikpapan merupakan kota dengan julukan Kota Beriman. Bersih, indah, aman dan nyaman," sebutnya.

Menurutnya, Balikpapan pantas disebut sebagai kota nyaman dan layak dihuni. Terlebih beberapa waktu lalu Balikpapan mendapat penghargaan sebagai kota terbersih se-Asia Tenggara.

"Saya berharap Balikpapan yang juga penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) dapat terus menyongsong dan mendukung pembangunan IKN," ujarnya.

Sementara, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud bangga atas sejarah panjang Kota Balikpapan yang bertransformasi dari salah satu medan pertempuran di masa perang dunia ke-2. Hingga kini pada titik ini Balikpapan menjadi beranda IKN. Apalagi Balikpapan juga jadi representasi kemajuan pembangunan bangsa.

"Ini menandakan bahwa kita adalah bangsa pejuang yang tidak berhenti menghadapi tantangan zaman. Juga melanjutkan pembangunan yang saya harapkan semangat ini dapat diwariskan kepada generasi penerus," ungkap Wali Kota Rahmad Mas'ud.

Wali Kota menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya pada semua pihak dan seluruh masyarakat kota Balikpapan. Atas dukungan kepadanya selaku Wali Kota, terutama dalam pembangunan.

"Semoga di usianya yang semakin dewasa ini, Balikpapan dapat tumbuh. Selain jadi rumah yang tetap nyaman untuk dihuni, tapi juga kota strategis bagi pembangunan nasional," harapnya.

Dirinya juga mengingatkan, bahwa tak lama lagi kontestasi politik akan digelar. Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, jadi tanggung jawab warga untuk menyukseskan bersama.

"Pemilu ini tentunya jadi harapan semua. Terkait nasib bangsa kedepannya. Oleh karena itu saya mengajak untuk menggunakan hak pilih sesuai nurani yang bersih. Dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan,"

Rangkaian Upacara HUT ke-127 Kota Balikpapan kemudian ditutup dengan penampilan tari yang ditampilkan oleh 1.127 pelajar SMP Kota Balikpapan. Anak-anak ini telah berlatih sekitar satu bulan di bawah asuhan sanggar tari Mawar Desember. Yang juga dibantu oleh para penggiat seni Kota Balikpapan.

"Dalam momen ini juga dilaunching lagu 'Balikpapanku' yang di dedikasikan oleh salah seorang pemuda Balikpapan, Iyan. Lagu ini menjadi penutup penampilan tarian bertajuk 'Synergy of Balikpapan'," beber Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Irvan Taufik.

Selanjutnya juga diserahkan Panji-Panji Keberhasilan Pembangunan serta trophy terbaik kedua dan ketiga dari pemerintah provinsi bagi beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Balikpapan. (diskominfo/cha/mgm)