Wali Kota dan Forkopimda Tinjau Enam TPS di Kota Balikpapan

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan meninjau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Balikpapan. Sebanyak enam TPS yang ditinjau tersebar di enam kecamatan.

Meliputi TPS 12 Kecamatan Balikpapan Kota, TPS 02 Kecamatan Balikpapan Tengah, TPS 43 Kecamatan Balikpapan Barat, TPS 23 Kecamatan Balikpapan Utara, TPS 38 Kecamatan Balikpapan Selatan, dan TPS 51 Kecamatan Balikpapan Timur.

Pada tinjauan ini Wali Kota ingin memastikan distribusi logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berjalan lancar. Diwawancarai di sela-sela kegiatan, Wali Kota Rahmad Mas'ud mengatakan bahwa ia berharap daftar pemilih tetap (DPT) bisa berkontribusi menyukseskan Pemilu 2024.

"Jangan golput. Jangan ada unsur pemaksaan juga di TPS, jaga kondusivitas kota. Yang penting rukun," ungkap Wali Kota. Kunjungannya bersama Forkopimda Kota Balikpapan ini juga ingin memastikan penerapan regulasi yang dilaksanakan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KKPS) sudah sesuai.

Ia juga ingin memastikan regulasi pemilih luar Kota Balikpapan. Agar jika pun ada pemilih luar Balikpapan, harus memenuhi persyaratan.

"Kami harap di Balikpapan tingkat partisipasi bisa 80 persen. Saya juga sudah tanya RT di sini berapa persen, katanya 70 persen. Ada yang malas. Maka Saya minta mereka berkoordinasi dengan linmas," ungkapnya. Ia berharap agar DPT bisa ikut memilih dan tidak golput.

Wali kota juga mengingatkan agar petugas di TPS menjaga kesehatan. Selain itu juga ada tim medis yang berjaga di TPS. Sehingga jika merasa tidak sehat, segera melapor kepada tim medis yang berjaga.

"Alhamdulillah sudah kami tinjau dan 99 persen siap. Doakan lancar. Mereka juga sudah di-brief, bagaimana proses pemungutan suara, sampai nanti usai dan penghitungan suara. Juga pengiriman kotak suara ke kecamatan," katanya.

Ia pun mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kondusivitas kota Balikpapan. Ini adalah pesta demokrasi yang harus disambut dan dijalani dengan berbahagia.

"Kita sambut pesta demokrasi ini dengan partisipasi untuk menentukan pilihan kita. Saya juga imbau untuk minta petunjuk. Semoga yang kita pilih dirihoi Allah," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)