Wali Kota dan Ketua TP PKK Kota Balikpapan Gunakan Hak Pilih di TPS 004 Baru Ulu


BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang berlangsung 14 Februari 2024 ini. Ia bersama keluarga masuk sebagai daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 004 Jalan Batu Arang, Kelurahan Baru Ulu, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.

Sekira pukul 07.00 Wita rombongan Wali Kota tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan disambut dengan tarian adat daerah dari Suku Mandar yakni tarian Lita Pembolongan. Selain disambut dengan tarian Mandar, para petugas KPPS juga mengenakan pakaian adat khas kota Balikpapan, yaitu Mahligai.

Pada pukul 07.30 Wita Wali Kota Rahmad Mas'ud bersama Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Nurlena menentukan pilihannya di bilik suara. Usai memasukkan surat suara ke kotak suara, Wali Kota juga tidak lupa mencelupkan jari di tinta. Sebagai tanda telah menggunakan hak pilih.

Wali kota kemudian menyampaikan imbauannya pada masyarakat Kota Balikpapan agar datang ke TPS. Ia juga mengingatkan agar dalam mencoblos lebih berhati-hati. "Mungkin memang akan sedikit memakan waktu karena surat suara ada lima. Dan di beberapa surat suara namanya kan sangat banyak. Sehingga perlu kehati-hatian," ungkapnya.

Ia menyatakan, yang terpenting, sudah dilakukan sosialisasi terkait Pemilu 2024 ini. Diakuinya ada banyak nama dan partai. Selain itu penting juga untuk mengecek surat suara sebelah mencoblos. "Jangan sampai salah nyoblos atau ke-double nyoblos nya," ungkapnya.

Ia menambahkan, proses menggunakan hak pilihnya bersama keluarga sudah dipikirkan matang-matang. Ia mengaku sudah menetapkan hati dan berharap bisa bermanfaat untuk masyarakat nantinya.

Ia pun menghimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih. Pesta demokrasi harus disikapi dengan bahagia. "Jangan sampai terpecah belah Karena beda pilihan. Ini jangan sampai terjadi. Harapan saya pemilu berjalan damai dan sukses tahun ini," katanya.

Melihat cuaca yang terbilang cerah, Wali Kota juga optimis kali ini warga Kota Balikpapan lebih antusias menggunakan hak suaranya. "Saya yakin partisipasi bisa sampai 80 persen. Mudah-mudahan lah. Apalagi dengan cuaca begini. Kami pun juga selalu mensosialisasikan untuk menggunakan hak suara," katanya.

Hal ini juga sudah dikomunikasikan dengan para ketua RT agar menyampaikan pada masyarakat, gunakan hak pilih. "Karena ini menyangkut masa depan bangsa kita," katanya.

Untuk diketahui, di TPS 004 Jalan Batu Arang, Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat ini Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 266 jiwa. Meliputi 129 orang perempuan dam 137 laki-laki. Sementara total DPT di Kota Balikpapan mencapai 509.487 jiwa. Untuk jumlah TPS di Kota Beriman mencapai 2.047 TPS. (diskominfo/cha/mgm)