Balikpapan Siap Gelar Rakernas APEKSI Juni, Launching Digelar 29 Februari

BALIKPAPAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan Muhaimin didampingi Asisten Tata Pemerintah Kota Balikpapan Zulkifli melakukan rapat koordinasi melalui zoom meeting bersama Direktur Eksekutif Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Kamis (15/2/2024) di VIP Room Balaikota Balikpapan.

Pada rapat koordinasi ini hadir juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sudirman Djayaleksana, Kepala Diskominfo Adamin Siregar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Irvan Taufik, Kepala DP3AKB Alwiati, perwakilan Disporapar, serta pejabat lainnya yang terlibat dalam agenda Rakernas Apeksi 2024.

Rapat koordinasi ini membahas persiapan launching kegiatan Indonesia City Expo yang merupakan rangkaian dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI 2024. Karena nantinya kota Balikpapan akan menjadi tuan rumah.

Sekda Kota Balikpapan Muhaimin memaparkan terkait rangkaian kegiatan yang bakal dilaksanakan mulai paparan umum, persiapan launching, hingga Rakernas APEKSI.

"Insyaallah launching rakernas akan kami laksanakan tanggal 29 Februari di Hotel Novotel. Pihak Disporapar juga telah melakukan koordinasi dengan pihak hotel. Prinsipnya kami sudah siap," katanya.

Pada tanggal 28 Februari nanti jajaran peserta apeksi bisa bertemu dengan Wali Kota Rahmad Mas'ud. Launching ini sekaligus pengambilan nomor urut pawai budaya yang selama ini menjadi icon kegiatan APEKSI.

Selanjutnya, Rencananya Rakernas APEKSI ke XVII akan diselenggarakan pada 3-6 Juni 2024. Semoga kegiatan ini bisa lebih leluasa dilaksanakan. Rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI meliputi gala dinner, Indonesia City Expo (ICE), pawai budaya, ladies program, Youth City Changers (YCC), pentas seni, city tour, pawai dan penanaman pohon.

"Panitia daerah nanti akan diundang untuk hadir bersama. Juga ada ekspos Wali Kota untuk Rakernas APEKSI," ditambahkan Asisten Tata Pemerintah Setdakot Zulkifli.

Sekda Kota Balikpapan akan bertugas sebagai ketua umum kegiatan ini. Sementara Asisten Tata Pemerintah Setdakot Balikpapan akan menjadi Ketua Harian. Para pelaksana juga telah melakukan koordinasi intens dengan seluruh OPD.

"Terutama Disdikbud yang akan mengkordinir pawai budaya, Disporapar yang akan melaksanakan youth city changers, juga pameran UMKM dan lainnya," jelasnya.

Nantinya juga akan kegiatan istri kepala daerah. Ini akan melibatkan Ketua Dekranasda bersama UMKM. "Kita harap 98 kota yang akan terlibat bisa mempersiapkan dengan lebih matang lagi untuk rakernas," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)