FORMAS dan Pameran Kewirausahaan Muda Meriahkan Momen HUT Kota Balikpapan

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud membuka Festival Olahraga Rekreasi dan Masyarakat (FORMAS) dan Pameran Kewirausahaan Muda, Jumat (23/2/2024) di Balikpapan Tennis Stadium. Wali Kota Balikpapan melepaskan anak panah ke target sebagai simbol acara dibuka.

Wali Kota Rahmad Mas'ud mengungkapkan terima kasih atas penyelenggaraan acara ini. Pelaksanaan FORMAS dan Pameran Kewirausahaan ini adalah rangkaian dari HUT Ke-127 Kota Balikpapan. "Gelaran FORMAS ini juga jadi upaya agar kita terus menjaga kesehatan melalui olahraga," katanya.

Menurutnya sinergi yang dilakukan dalam rangka pelaksanaan kegiatan ini adalah komitmen untuk menyehatkan anak bangsa. Karena tanpa sehat, tidak mungkin anak bisa pintar dan melakukan berbagai kegiatan yang berdampak positif. "Saya pasti akan mendukung kegiatan semacam ini," katanya.

Apalagi pada kegiatan ini juga dirangkai dengan pameran kewirausahaan. Maka selaras dengan adanya pemindahan ibu kota negara, seluruh warga di Balikpapan diharapkan bisa terus memelihara keamanan dan kondusivitas kota. "Seluruh masyarakat bersama-sama kita menjaga kondusivitas dan toleransi," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan Ratih Kusuma mengungkapkan, pada kegiatan ini mengolaborasikan dua bidang, yakni keolahragaan dan kepemudaan.

"Sejalan juga dengan penghargaan Panji-panji keberhasilan yang kita terima di bidang keolahragaan, kepemudaan, dan kepariwisataan," ungkapnya.

Ia melanjutkan, kgiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan wirausaha muda. Juga menjadi wadah bagi anak muda untuk menyalurkan kreativitas mereka menjadi insan yang produktif, kreatif, dan memiliki kemandirian Terutama pada ekonomi kreatif.

"Gelaran FORMAS sendiri bertujuan menjaga kesehatan dan kebugaran, dengan mempopulerkan olahraga rekreasi masyarakat. Ini bisa jadi pilihan atau alternatif masyarakat dalam berolahraga," ungkapnya.

Ia menambahkan, Disporapar juga kini terus mengoptimalkan tingkat kebugaran dan partisipasi dalam olahraga. "Butuh ditingkatkan di kota Balikpapan. Baik di usia dini maupun masyarakat Kota Balikpapan keseluruhan," katanya.

Kegiatan FORMAS dan Pameran Kewirausahaan Muda digelar selama tiga hari. Mulai 23-25 Februari 2024. Terdiri dari lomba senam yang diikuti 800 orang. Peserta berasal dari Kaltim, Kalsel, Jawa dan Sulawesi.

Selain itu ada pertandingan panahan tradisional yang diikuti hingga 300 orang se-Kaltim, catur masyarakat non master diikuti 100 orang se-Balikpapan, Joker 128 orang, mural 11 orang se-Balikpapan, dan grafiti 7 orang se-Balikpapan.

Sementara untuk pameran kewirausahaan diikuti perwakilan perguruan tinggi di Balikpapan, Forum Kewirausahaan Pemuda, perwakilan OPD, Cabor dan Organisasi Keolahragaan. Keseluruhan ada 30 tenant dan 100 peserta. (diskominfo/cha/mgm)