Wali Kota Resmikan Galeri Dekranasda dan UMKM Center Balikpapan di Bandara SAMS


BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud bersama Ketua Dekranasda Nurlena Rahmad Mas'ud meresmikan Galeri Dekranasda dan UKM Center Balikpapan, Senin (26/2/2024) di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Berlokasi di depan Gate 9 bandara, keberadaan gerai ini menyediakan berbagai oleh-oleh produk UMKM Kota Balikpapan. Mulai dari kain khas Balikpapan, camilan hingga buah tangan lainnya.

Hadir dalam kesempatan ini General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Ahmad Syaugi Shahab, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Heruressandy Setia Kesuma dan Forkopimda Kota Balikpapan.

"Dalam prosesnya saya terus berkomunikasi agar di Bandara SAMS segera ada gerai Dekranasda dan UKM Center Balikpapan ini. Ini adalah bentuk komitmen kami untuk menghidupkan UMKM di Kota Balikpapan," ungkapnya.

Ia berharap nantinya kerjasama yang dilakukan UMKM bisa dalam bentuk konsinyasi. Yaitu pihak Bandara SAMS dapat menarik UMKM di Kota Balikpapan. Kemudian pembayaran hanya untuk produk-produk yang terjual. "Termasuk UMKM yang masuk di mal kita gunakan itu," katanya.

Ia bersyukur atas diresmikannya UMKM Center maupun Gerai Dekranasda ini. Kedepannya, diharapkan lebih banyak pelaku UMKM yang bekerjasama dengan berbagai pihak seperti dengan Angkasapura ini.

"Inisiator kan Dekranasda bersama Dinas KUMKMP untuk memajukan dan memfasilitasi UMKM di Kota Balikpapan. Dalam hal ini Angkasapura memberikan diskon yang cukup besar agar UMKM dekranasda ini bisa berada di dalam bandara," terangnya.

Sementara Ketua Dekranasda Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas'ud mengatakan, rencana ini sebenarnya sudah sejak setahun lalu. Sampai akhirnya kini terealisasi.

Pada pelaksanaannya, Dekranasda dan Dinas KUMKMP banyak didukung oleh Bandara. Ia menyampaikan terimakasih atas dukungan maupun wadah untuk membranding produk lokal Balikpapan.

"Sehingga para penumpang yang keluar dari Balikpapan, dan tidak sempat belanja di kebun sayur maupun lainnya, bisa belanja di Gate 9 bandara SAMS," ungkapnya.

Menurutnya ini jadi kesempatan UMKM Kota Balikpapan untuk bersaing Secara sehat. "Bagaimana menaikkan branding hingga berlanjut go internasional dan terbang bersama merek-merek di Kota Balikpapan. Khususnya di Galeri Dekranasda Kota Balikpapan," sebutnya.

Galeri ini diisi oleh UMKM binaan Dekranasda Kota Balikpapan. Ada 22 UMKM yang dirangkul. "Bagaimana UMKM juga terus memperbaiki kualitas produk hingga kemasan. Supaya bisa dikenal di Nusantara hingha internasional," katanya.

Gerai ini dikelola langsung oleh Dinas KUMKMP. Akan ada petugas dari dinas terkait. Sehingga UMKM dalam hal ini hanya menitipkan produknya di Galeri Dekranasda dan UMKM Center Balikpapan ini. (diskominfo/cha/mgm)