Pj Ketua TP PKK Provinsi Kaltim Apresiasi Kinerja Ketua TP PKK Kota Balikpapan

BALIKPAPAN - Pj Ketua TP PKK Kalimantan Timur (Kaltim) Yulia Akmal Malik mengunjungi kantor TP PKK Kota Balikpapan yang terletak di Jl Ruhui Rahayu, Sepinggan, Balikpapan Selatan, Selasa (27/2/2024). Tujuan dari kunjungan ini sebagai bentuk sinergisitas antara pemerintah daerah dengan PKK Balikpapan.

Kunjungan Pj Ketua TP PKK Kaltim disambut langsung Ketua TP PKK Kota Balikpapan Nurlena Rahmad Mas’ud didampingi Kepala DP3AKB Kota Balikpapan Alwiati mewakili Wali Kota Rahmad Mas'ud. Selain itu hadir juga para pengurus TP PKK Kota Balikpapan.

Dalam sambutannya, Yulia Akmal Malik mengatakan, pihaknya mengapresiasi TP PKK Balikpapan, khususnya Ketua TP PKK Nurlena Rahmad Mas'ud atas kinerjanya yang sangat baik. Dalam kunjungan ke PKK Baikpapan ini, tentu kebaikan-kebaikan dari PKK Kota Balikpapan bisa disebarkan untuk PKK lainnya di Kaltim.

"Banyak sekali hal-hal yang bisa dicontoh dari TP PKK Kota Balikpapan. Ini bisa menjadi contoh untuk Kabupaten/Kota yang lain di Provinsi Kalimantan Timur. Bahkan program yang akan dicanangkan di pusat sudah diterapkan oleh TP PKK Kota Balikpapan."

Diantaranya program Gerakan Serentak Menanam Sayur dan Buah di Halaman. Kunjungan ini diharapkan jadi hal baik yang dapat disebarluaskan. "Dan semoga Balikpapan bisa terus lebih baik lagi," imbuhnya.

Yulia Akmal Malik juga mengapresiasi kinerja Ketua TP PKK Balikpapan hingga mendapatkan panji keberhasilan terbanyak di Kaltim. “Banyak sekali yang sudah dilakukan Balikpapan, kelihatan angka keberhasilannya lebih di atas provinsi, sehingga menjadi contoh untuk Kabupaten/Kota lainnya di Kaltim,” ujarnya.

Yulia melihat masing-masing Kelompok Kerja (Pokja) TP PKK Kota Balikpapan sudah menjalankan tugasnya sesuai dengan tupoksinya masing-masing. “Besok kami akan melihat ke lapangan, sekarang kan kita baru ketemu pengurus TP PKK Kota Balikpapan

Tujuan dari kunjungan ini dalam rangkaian kegiatan di enam kabupaten/kota di Kaltim yang diawali dari Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur, Kota Balikpapan, Mahakam Ulu, Samarinda dan Berau. “Kami pilih enam kabupaten kota ini yang mendapatkan panji di bidang PKK. Kami mendatangi,” terangnya.

Kunjungan TP PKK Provinsi Kaltim ini, lanjut dia, juga untuk bersinergi terkait program dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Serta, dalam rangka capaian hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke IX Tahun 2020 selaras dengan RPJMN Tahun 2020-2024.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Balikpapan Nurlena Rahmad Mas'ud mengatakan, di Kota Balikpapan yang terdiri dari enam kecamatan dam 34 kelurahan, terdapat 1.697 kelompok PKK. Selain itu ada 4.744 kelompok dasawisma dan 11.099 kader PKK.

"Kami sangat menyadari pentingnya kelompok dasawisma ini. Karena dari data yg didapat dari dasawisma inilah kami akan mendapatkan kondisi real di masyarakat. Untuk itu pembinaan dan kunjungan lapangan selalu kami lakukan. Supaya program kami tepat sasaran dan sesuai kebutuhan pada masyarakat," bebernya.

TP PKK Kota Balikpapan juga melibatkan pokja I hingga pokja IV dalam program-program Gerakan Serentak Menanam Sayur dan Buah di Halaman. "Ini juga kami lombakan dengan kriteria rumah perorangan. Pada tahun depan kami akan adakan lomba gertak menanam sayur dan buah. Kalau ini tidak lagi perorangan tapi dasawisma," jelasnya. (diskominfo/cha/mgm)