TP PKK Provinsi dan TP PKK Kota Balikpapan Kampanyekan 10 Program PKK di Balikpapan Utara


BALIKPAPAN- Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bersama TP PKK Kota Balikpapan mengkampayekan 10 program PKK Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), Buncu Baca Kaltim yang merupakan program di bidang literasi, juga kampanyekan tablet penambah darah, Rabu (28/2/2024) di Aula Kecamatan Balikpapan Utara.

Kampanye 10 program PKK tersebut dipimpin langsung Pj Ketua TP PKK Provinsi Kaltim, dr Yulia Zubir Akmal didampingi Ketua TP PKK Kota Balikpapan Nurlena Mas'ud. Kegiatan ini juga bersinergi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

Antqra lain Dinas Kesehatan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, serta Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB). "Kampanye kita seluruh Kaltim. Kota Balikpapan menjadi kota yang ketiga mengkampayekan program pokok PKK," ucapnya.

Pelaksanaan kegiatan ini juga melibatkan Kecamatan Balikpapan Utara dan kelurahan-kelurahan. "Luar biasa. Diharapkan bukan hanya kampanye pada hari ini tetapi juga dilanjutkan secara berjenjang sampai ke seluruh masyarakat di Balikpapan," terangnya.

Yulia berharap masyarakat Kota Balikpapan khusunya Kaltim siap menjadi penyangga pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN). "Jadi nanti masyarakatnya cerdas, sehat sehingga bisa mencapai generasi emas ditahun 2045," tuturnya.

Usai mengkampayekan program pokok PKK, juga dilakukan kunjungan Aku Hatinya PKK di Kelurahan Graha Indah dan posyandu Nusa Indah RT 44 Kelurahan Batu Ampar.

Camat Balikpapan Utara, Muhammad Fadli Fathurrahman mengatakan, kunjungan Pj Ketua TP PKK Provinsi Kaltim dan TP PKK Kota Balikpapan ke Kecamatan Balikpapan Utara ini dilaksanakan guna melakukan kegiatan koordinasi dan sinergitas 10 program pokok PKK dengan OPD terkait.

"Kami berharap kunjungan ini dapat memicu OPD teknisi untuk memberikan program kegiatan dan sinergitas antar OPD dengan 10 program pokok PKK di Kecamatan Balikpapan Utara," ujarnya.

Salah satu 10 program pokok PKK yakni B2SA yang merupakan program dari DP3AKB, untuk membantu kondisi kesehatan dan mencegah stunting. Apalagi di Kecamatan Balikpapan Utara angka stunting tinggi, khususnya di Kelurahan Graha Indah. (diskominfo/cha/mgm)