Jelang Rakernas XVII di Balikpapan, APEKSI Launching ICE ke-20

BALIKPAPAN - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Pemerintah Kota Balikpapan menyelenggarakan Launching Indonesia City Expo (ICE) ke-20 yang berlangsung di Hotel Novotel, Kota Balikpapan, Kamis (29/2/24). Kegiatan ini juga dirangkai pengambilan nomor urut Pawai Budaya.

Hadir menyambut para wali kota dan perwakilan dari kota se-Indonesia, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud bersama Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam dan Ketua Dewan Pengurus Apeksi/Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Kegiatan ini juga digelar menyusul pelaksanaan Indonesia City Expo ke-20 dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi XVII Tahun 2024.

Mengangkat tema "Kota Sejahtera, Indonesia Maju", secara keseluruhan rangkaian Rakernas Apeksi XVII Tahun 2024 akan dilangsungkan pada 3-6 Juni 2024 nanti.

Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam mengungkapkan, kegiatan ini tepat dengan momentum. Dimana merupakan masa transisi. Ia berharap dalam gelaran rangkaian APEKSI hadir Mendagri maupun menteri lainnya. "Sehingga membuat kita lebih lancar lagi dalam advokasi kebijakan," katanya.

Rangkaian ICE dan Rakernas APEKSI nanti juga akan digabung suasana formal maupun informal. Ada sharing season hingga advokasi kebijakan yang sudah disampaikan kepada tiga capres pada gelaran rakernas apeksi di Makassar tahun lalu.

"Bahkan sekarang ada terobosan dari ketua bahwa APEKSI tidak hanya bersurat maupun audiensi pada presiden dan kementerian. Tapi juga memberikan contoh. Membuat aplikasi dan bahan advokasi yang kuat di APEKSI. Sehingga Kementerian bisa mencontoh," katanya.

Sementara Ketua Dewan Pengurus Apeksi/Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, rangkaian acara ICE dan Rakernas APEKSI, melalui kegiatan ini dimatangkan. Ia berharap apa yang dilaksanakan APEKSI ini bisa berguna bagi daerah-daerah lain pula. "Kami ingin APEKSI ini untuk negeri," katanya.

Ia mengatakan bahwa setiap kota yang ada di Indonesia memiliki keunggulan. “Kelebihan yang ada di semua kota bisa kita satukan lewat Apeksi,” kata Eri.

Selanjutnya Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud selaku tuan rumah mengatakan, Balikpapan memiliki peran dan posisi yang strategis karena letaknya yang sangat dekat dengan Ibu Kota Nusantara (IKN). Yang merupakan megaproyek pemerintah beberapa tahun terakhir.

Melalui rakernas APEKSI XVII, dia berharap para peserta yang hadir tak cuma membahas persoalan sektoral di dalam asosiasi, tetapi juga berkolaborasi untuk menyukseskan pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

Salah satunya dengaan berkolaborasi terkait pemenuhan kebutuhan di Kota Balikpapan yang diketahui tidak memiliki sumber yang memadai untuk urusan bahan pokok seperti beras, daging, sayur-mayur.

"Rata-rata, bapok didatangkan daru luar daerah seperti kawasan Jawa dan Sulawesi. Kami 99,9 persen berasnya mendatangkan dari luar. Di sini lah letak pentingnya kolaborasi dengan kota lain untuk menyukseskan pembangunan IKN," katanya.

Untuk diketahui, pada pelaksanaannya, ICE ke-20 akan menampung 150 stand pameran, 10 foodtruck, 40 stan smedev kuliner dan 20 stan semedev fair UMKM. Adapun lokasi dan rangkaian pelaksanaan seluruh kegiatan akan dipusatkan di kawasan BSCC Dome Kota Balikpapan.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut yakni Gala Dinner dan Rakernas, Indonesia City Expo, Pentas Seni Budaya Nusantara dan Pawai Budaya Nusantara. (diskominfo/cha/mgm)