Asisten Tata Pemerintahan Canangkan BBGRM serta Launching KRPPA dan KLA


BALIKPAPAN - Asisten Tata Pemerintahan Setdakot Balikpapan Zulkifli melaksanakan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Sabtu, (2/3/2024) di kawasan Bendali Wonorejo, Gunung Samarinda, Balikpapan Utara. Pencanangan ditandai dnegan penyerahan alat kebersihan pada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

Pencanangan BBGRM berlangsung mulai bulan Maret sampai bulan awal April 2024. Pada kesempatan ini sekaligus dilakukan. Launching Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA) serta Kelurahan Layak Anak (KLA). Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Alwiati menekankan pentingnya gotong-royong.

"Ini yang tidak hanya dilakukan melalui kerja bakti saja melainkan dibidang pemberdayaan ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan pula," ungkapnya.

Meskipun pencanangan BBGRM dilaksanakan pada momen Ramadan, ia yakin semangat dari seluruh LPM beserta jajaran dapat melaksanakan dengan baik. Momentum bulan Ramadan merupakan momentum yang sangat baik, khusyuk, kota bersih indah dan nyaman dalam melaksanakan ibadah.

Untuk diketahui, anggaran pemberdayaan masyarakat yang dikeluarkan untuk kegiatan masyarakat semakin tahun semakin meningkat. Setiap tahun Rp 86 miliar lebih dikeluarkan masyarakat. "Kita beri apresiasi yang luar biasa. Bersama dengan LPM kita bisa melaksanakan semua ini," sebutnya.

Sifat masyarakat yang gotong-royong juga dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan pembangunan di Kota Balikpapan. "Bersama LPM, kegiatan gotong royong dapat terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat," ungkapnya.

Ia menambahkan, Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak serta Kelurahan Layak Anak merupakan upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan untuk mewujudkan program ini di setiap kelurahan. Dimana setiap gender baik perempuan dan laki-laki mempunyai hak untuk mengakses pembangunan.

Tidak hanya penikmat pembangunan tetapi juga memberikan kontribusi kepada pembangunan. "Kita sebagai kota layak anak dan kita sudah mendapatkan penghargaan dalam kategori utama, salah satu penghargaan yang luar biasa untuk kota kita," sebutnya. (diskominfo/cha/mgm)