HUT Damkar Provinsi Kaltim, Balikpapan Jadi Tuan Rumah

BALIKPAPAN - Kota Balikpapan menjadi pelaksana untuk kegiatan HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-105 tahun Provinsi Kalimantan Timur. Sejumlah kegiatan kegiatan. Diantaranya adalah perlombaan yang akhirnya ditutup dengan upacara.

HUT Damkar jatuh pada 8 Maret. Untuk memperingatinya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan melaksanakan sejumlah kegiatan yang berlangsung pada 5-8 Maret 2024. Kegiatan ini diikuti seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Kaltim.

Apel pembukaan digelar pada 5 Maret di BSSC Dome. Kemudian ada skill competition pada 6-7 Maret. Pada loba ini akan diuji kecepatan dan ketepatan petugas damkar. Lalu lomba survival yang akan menguji ketangguhan petugas damkar terutama dalam daya tahan saat melakukan pemadaman dan penyelamatan.

Lomba lain adalah cerdas cermat oleh petugas damkar. Dari lomba ini diharapkan saat melakukan tindakan, terutama dalam melakukan penyelamatan harta benda maupun manusia harus berpikir cerdas.

"Ada pula lomba Satuan Pendidikan Aman Bencana, yang merupakan lomba menangani api sejak dini sebagai cikal bakal, sehingga bisa melakukan pemadaman secara mandiri baik di lingkungan maupun di sekolah," terang Kepala BPBD Kota Balikpapan Usman Ali.

Lalu masih ada lomba menggambar yang diperuntukkan anak-anak tingkat TK usia 5-6 tahun. Dengan tema damkar, tentunya ini bertujuan untuk memberikan rasa kecintaan terhadap damkar.

"Sejak dini anak-anak diperkenalkan bagaimana petugas damkar ini mempunyai tugas yang sangat mulia, yang mana tugas mempertaruhkan nyawa dan tenaga ekstra untuk melindungi masyarakat Kota Balikpapan dari ancaman kebakaran dan ancaman bencana lain," jelasnya.

Dirangkai dengan kegiatan seminar dan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Hotel Horison, untuk membahas damkar di Kaltim pada tahun 2024. "Seperti apa damkar di tahun 2024 terutama di Kaltim telah ditetapkan sebagai Ibu Kota, pastinya tugas dan peran damkar di butuhkan sekali dalam menjaga kota ini untuk lebih aman lagi," ujarnya.

Terdapat pula gala dinner, yang akan diikuti semua kontingen dari kabupaten kota dan pejabat dari forkopimda provinsi, dan kota termasuk kepala dinas. Dan, Peringatan HUT ke 105 ditutup dengan apel bersama, yang akan diikuti sekitar 800 personil. (diskominfo/cha/mgm)