BPBD Kota Balikpapan Sambut Peserta Rakorda Damkar Tingkat Provinsi

BALIKPAPAN - Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pemadam Kebakaran (Damkar) tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) digelar di Kota Balikpapan, Kamis (7/3/2024) di Hotel Horison Ultima Bandara. Kegiatan ini menghadirkan seluruh jajaran Damkar se Provinsi Kaltim.

Rakorda Damkar tingkat Provinsi Kaltim ini masih menjadi rangkaian dari peringatan HUT ke-105 Damkar. Dalam hal ini Kota Balikpapan menjadi tuan rumah dari pelaksanaan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan 5-8 Maret 2024.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, Usman Ali, dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya menyambut baik kehadiran para peserta Rakorda Damkar tingkat Provinsi Kaltim.

"Saya juga ingin berterima kasih atas ditunjuknya Kota Balikpapan sebagai penyelenggara Hut ke-105 Damkar. Kami penyelanggaraan kegiatan," ungkapnya.

Ia mengatakan, kelembagaan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan masih jadi isu hangat. Dimana Damkar di beberapa kabupaten kota, masih berada di bawah naungan Satpol PP dan BPBD.

"Hal ini berdampak pada eksistensi kelembagaan, kelengkapan sarana prasarana pemadam kebakaran. Beserta kesejahteraan pesonel. Juga rekrutmen pegawai Damkar yang belum berstatus ASN (Aparatur Sipil Negara)," ungkap Usman.

Menurutnya, di Kota Balikpapan pun Damkar masih bergabung dengan BPBD. Rencananya pada tahun ini ataupun tahun depan ada pemisahan kedinasan. Sehingga Damkar akan berdiri sendiri. "Kami mohon dukungannya. Mudah-mudahan berdirinya nanti jadi sesuatu yang baik untuk kota Balikpapan," ungkpanya.

Tema HUT Damkar tahun ini ialah "Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Profesional, Rakyat Terlindungi". Hal ini sejalan dengan standar pelayanan minimal yang diampu pemadam kebakaran. Dimana ditekankan pada respon time termasuk skill individu maupun kerjasama tim.

"Sehingga dibutuhkan pelatihan secara rutin dan berkelanjutan untuk menjaga profesionalisme tersebut. Karena tidak ada pemadam kebakaran yang hebat, melainkan pemadam kebakaran yang terlatih," ungkapnya. (diskominfo/cha/mgm)