Sambut Hadirin dalam Gala Dinner, Sekda Berterima Kasih Pada Petugas Damkar dan Penyelamatan

BALIKPAPAN - Sebagai rangkaian memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-105 Pemadam Kebakaran (Damkar) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2024, Kota Balikpapan sebagai tuan rumah menggelar Gala Dinner HUT ke-105 Damkar di BSCC Dome, Kamis (7/3/2024).

Pada Gala Dinner ini Sekretaris Daerah Balikpapan, Muhaimin mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud menyambut para hadirin. Ia menyampaikan, Pemerintah Kota Balikpapan memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh petugas Pemadam Kebakaran.

"Karena telah bekerja keras dan berjuang mengatasi berbagai kebakaran serta memberikan perlindungan terhadap masyarakat," ungkapnya.

Ia mengatakan, petugas damkar dan penyelamatan merupakan garda terdepan dalam menghadapi segala situasi darurat seperti kebakaran, kecelakaan, dan bencana alam. mereka selalu siap sedia.

Menurutnya wali kota juga mengimbau masyarakat untuk tidak memicu kebakaran dan memberikan informasi cepat dan akurat kepada petugas Pemadam Kebakaran saat terjadi situasi darurat. Dalam hal ini masyarakat perlu mendukung dan membantu kinerja petugas Pemadam Kebakaran.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Kota Balikpapan, Usman Ali, berharap, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi anggaran agar memperhatikan standar Alat Pelindung Diri (APD) bagi para petugas pemadam kebakaran.

Ia mengatakan, APD ini tidak hanya digunakan eaat memadamkan api, tetapi juga digunakan untuk melindungi para petugas saat penyelamatan. Ini penting, mengingat keselamatan para petugas dalam menjalankan tugas juga harus diutamakan.

"Saya masih melihat APD yang digunakan sudah berumur lima tahun, bahkan ada APD yang sudah tidak layak masih dipakai. Meskipun kondisi APD yang digunakan tidak layak pakai, namun petugas masih tetap harus memadamkan api," Ujarnya

Usman Ali, juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Kota Balikpapan yang telah memerhatikan kondisi Petugas Pemadam Kebakaran dengan memberikan kendaraan yang sudah cukup bagus. Tindakan tersebut menunjukkan perhatian dan dukungan pemerintah untuk memperkuat kinerja petugas dalam menjalankan tugasnya.

Acara Gala Dinner tersebut dimeriahkan oleh penampilan band Edelweis dan stand up comedy Mr. Gamaliel and Friend yang membawakan sketsa tentang Pemadam Kebakaran. Acara ditutup dengan penampilan penyanyi asal Surabaya, Yeyen Vivia, yang berhasil membuat suasana semakin meriah dan menghibur seluruh tamu yang hadir. (diskominfo/cha/mgm)