Upacara HUT ke-105 Damkar dan Penyelamatan, Utamakan Profesionalisme dalam Pelayanan

BALIKPAPAN - Upacara Peringatan HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan yang ke-105 tahun 2024 Provinsi Kalimantan Timur dilaksanakan Jumat (8/3/2024) di BSSC Dome Balikpapan. Bertugas sebagai inspektur upacara, Kepala Satuan Pamong Praja Provinsi Kaltim, Arih Frananta Filifus Sembiring.

Kegiatan ini diikuti insan Damkar dan penyelamatan se-Kalimantan Timur. Hadir Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, seluruh pejabat Kepala Dinas, serta anggota pemadam kebakaran dan penyelamatan.

Dalam sambutannya, Arih Frananta Filifus Sembiring mengungkapkan bahwa usia lebih dari satu abad Pemadam Kebakaran patut disyukuri dan dianggap sebagai hal yang patut dibanggakan.

"Hal tersebut mengingatkan bahwa pelayanan yang telah diberikan selama ini selalu mendapatkan tempat di masyarakat," ungkapnya.

Ia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan yang telah menunjukkan tingkat profesionalisme yang tinggi.

Menurutnya, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, profesionalisme merupakan keharusan yang harus selalu dirawat dan ditingkatkan. Sehingga masyarakat dapat merasa aman dan terlindungi secara optimal.

"Semangat tersebut merupakan hal yang ingin kami kobarkan dalam peringatan Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang ke-105 pada tahun 2024 ini," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan penghargaan dalam rangka pemberian hadiah lomba Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2024 ke-105. Pada upacara ini juga dilakukan penyemprotan lima unit mobil pemadam kebakaran secara bersamaan. (diskominfo/cha/mgm)