Meriahnya Kirab Adipura, Sekaligus Sambut Ramadan 2024


BALIKPAPAN - Kirab Adipura sekaligus Pawai Ta'aruf menyambut Ramadan 1445 Hijriah dilaksanakan Pemerintah Kota Balikpapan dan Kementerian Agama (Kemenang) Perwakilan Kota Balikpapan, Minggu (10/3/2024). Dimulai dari Kantor Balaikota Balikpapan, menggunakan mobil ke arah Jalan Ruhui Rahayu, rombongan berakhir dengan berjalan kaki ke Balikpapan Sport and Convention Center (BSSC) Dome.

Kirab diramaikan dengan mengarak Piala Adipura Kencana, Piala Adiwiyata Mandiri dan Piagam Apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) keliling Kota Beriman. Sementara, di BSSC Dome juga telah menunggu para siswa SD dan SMP Kota Balikpapan yang menyambut rombongan.

Membawa Piala Adipura Kencana, yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana. Dirinya secara simbolis kemudian menyerahkan piala kepada Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud.

Pada kesempatan ini, Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh warga kota Balikpapan yang telah berperan aktif, dan selalu berkomitmen untuk menjaga suasana kondusif kota Balikpapan. Termasuk juga menjaga kebersihan dan cinta pada lingkungan.

"Saya berharap, penghargaan dari pemerintah pusat ini tidak hanya menjadi simbol belaka. Tetapi juga dapat diimplementasikan dengan memberikan edukasi kepada seluruh warga Kota Balikpapan. Harapannya agar dapat berkomitmen dalam menjaga kebersihan dan lingkungan kita," ungkapnya.

Untuk diketahui, Balikpapan menerima Adipura Kencana untuk kali kedua yaitu untuk tahun 2022-2023. Oleh karena itu atas nama pemerintah kota, dirinya mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga kota Balikpapan dan para stakeholder.

”Dan terkhusus kepada pasukan kuning (petugas kebersihan). Tanpa mereka saya yakin kita tidak akan meraih Adipura Kencana. Saya berikan apresiasi setinggi-tingginya khususnya kepada Kadis DLH,’ ucapnya.

Menurutnya ini juga seiring momentum HUT Ke-127 Kota Balikpapan. Ia mengajak seluruh pihak berkolaborasi dan bersinergi untuk membangun Kota Balikpapan.

Wali Kota Rahmad Mas’ud juga memberikan ucapan selamat menyambut bulan Ramadan 1445 H/2024. Menurutnya, Pemerintah Kota Balikpapan juga telah mengeluarkan surat edaran penutupan sementara Tempat Hiburan Malam (THM),
arena biliar, tempat karaoke, dan panti pijat.

Wali Kota juga mengimbau pemilik rumah makan untuk berdagang sesuai dengan waktu yang ditentukan. “Dan menghargai
warga yang sedang menjalankan ibadah puasa dengan tidak membuka usahanya secara terang-terangan,“ pungkas Wali Kota.

Hadir dalam kegiatan Forkopimda Kota Balikpapan yang terdiri Kapolresta Balikpapan, Dandim 0905 Balikpapan, Danlanud Dhomber Balikpapan, Danlanal Balikpapan, Kajari Balikpapan serta pejabat Kemenag, guru dan para tokoh masyarakat.
Di sela kegiatan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyapa dan membagikan buku kepada puluhan pelajar SMP. (diskominfo/cha/mgm)