DPRD Kota Malang Studi Tiru Peran Pemkot Balikpapan dalam Pemberian Beasiswa Pendidikan Tinggi

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan menerima kehadiran DPRD Kota Malang, Kamis (16/3/2024) di Ruang Rapat I Balaikota Balikpapan. Rombongan tamu disambut Asisten bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Muhammad Andi Yusri Ramli didampingi Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Muhammad Arif Fadillah.

Kehadiran DPRD Kota Malang ini dalam rangka studi tiru untuk melihat peran pemerintah kota dalam urusan kesejahteraan rakyat, khususnya terkait beasiswa. "Jadi mereka setelah dibanding berkaitan dengan program-program yang kita lakukan," ungkap Arif.

Ini meliputi kegiatan beasiswa pendidikan tinggi, juga pemberian bantuan natura untuk pondok pesantren yang dilakukan setiap bulan Ramadan. "Sementara kegiatan lainnya sepertinya sama dengan Kota Malang," imbuhnya.

Menurutnya dari pihak DPRD Malang juga sempat bertanya terkait beasiswa yang diberikan secara stimulan. Dalam hal ini Balikpapan memang memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk memiliki prestasi yang baik. Prestasi yang tinggi.

"Kita melakukan seleksi, siapa yang memiliki nilai paling tinggi dan mendapatkan beasiswa. Jadi meningkatkan motivasi mereka untuk berprestasi di bidang akademik," jelasnya.

Dan ini juga berlaku untuk sejumlah jenjang perkuliahan. Ada mulai dari program D3, kemudian S1, S2 hingga S3. Menurutnya program beasiswa oleh Kota Malang fokus juga pada SMP dan SMA.

"Sementara kita untuk SMP dan SMA melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Inilah beberapa perbedaan yang jadi kajian mereka," tandasnya. Beberapa hal lain yang juga dibahas diantaranya terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). (diskominfo/cha/mgm)