Pemkot dan Stakeholder Kembali Gelar Pasar Murah Ramadan di Balikpapan


BALIKPAPAN - Pasar Murah Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadan dan Idulfitri 2024 resmi dibuka, Selasa (26/3/2024) di Halaman Parkir Pasar Inpres Kebun Sayur. Kegiatan ini merupakan kolaborasi Pemerintah Kota Balikpapan bersama Bank Indonesia dan Bank Kaltimtara.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Balikpapan, Haemusri Umar mengungkapkan, pasar ramadan adalah bagian dari bantuan pemerintah pada masyarakat kota. Khususnya untuk ketersediaan pasokan bagi masyarakat Kota Balikpapan.

"Dari kegiatan pasar Ramadan ini, pelaksanaan dilaksanakan di dua tempat. Dilaksanakan pada tanggal 26 sampai 28 Maret di Kecamatan Balikpapan Barat, di Pasar Kebun Sayur," ungkapnya.

Selanjutnya juga akan ada kegiatan serupa pada tanggal 1 dan 2 April akan dilaksanakan di kecamatan Balikpapan Selatan. Tepatnya di kantor Kecamatan Balikpapan Selatan.

"Pasar murah ini diikuti oleh sekira 20 distributor. Juga stakeholder dari BI, Bankaltimtara, Bulog, dan Perumda Manuntung Sukses," ungkapnya.

Ada berbagai barang pokok dan penting. Juga disuplai dari Pertamina Patra Niaga sebagai salah satu dukungan kepada Pemerintah Kota Balikpapan. Seperti gas LPG dengan kuota sekira 560 tabung.

"Harga yang ada di sini tentu di bawah harga subsidi pemerintah maupun Bank Indonesia. Misal beras SPHP 5 kilogram. Dari Rp57.500 menjadi Rp51.250. juga minyak goreng ada penurunan sekitar Rp3 ribu. Daging, telur, dan lainnya juga," jelasnya.

Dengan diadakannya kegiatan ini, Masyarakat diimbau untuk berbelanja hemat. Terutama untuk perlengkapan Idulfitri. Ketersediaan pasokan juga dipastikan cukup. "Masyarakat juga diharapkan tetap berbelanja di pasar rakyat. Karena di sana akan lebih murah dibanding ritel," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)