Pemkot Balikpapan Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an di Balikpapan Islamic Center

BALIKPAPAN - Peringatan Nuzulul Qur'an berlangsung di Masjid Madinatul Iman, Balikpapan Islamic Centre, Rabu (27/03/2024). Kegiatan ini juga menghadirkan tabligh akbar yang dibawakan oleh ustadz Anugerah Cahyadi atau akrap dikenal dengan nama Ucay.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud hadir menyambut penceramah, yang merupakan dai asal Provinsi Sulawesi Utara. Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin Para Asisten, seluruh kepala OPD, Camat dan Lurah sekota Balikpapan. Serta hadir pula sejumlah pejabat dari Forkompimda Kota Balikpapan.

Peringatan Nuzulul Quran ini diawali dengan salat Isya dan Tarawih berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan selempang Palestina pada Wali Kota Balikpapan. Ini sebagai bentuk terima kasih warga Palestina atas berbagai bantuan yang diterima dari Wali Kota Balikpapan. Acara kemudian dilanjutkan Tabligh Akbar.

Wali Kota Balikpapan dalam sambutannya menyampaikan, peringatan Nuzulul Quran ini bagian sejarah yang harus disambut dengan penuh makna. Nuzulul Quran adalah malam diturunkannya Al-Qur'an yang menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan membaca Alquran itu, kita akan mendapatkan pahala dan pasti kita mendapatkan ketenangan jika kita rajin membaca Alquran setiap hari,” ujar Wali Kota Balikpapan.

Lebih lanjut ia juga mengingatkan, di tengah cuaca ekstrem seperti saat ini, beberapa kali terjadi peristiwa kebakaran. Untuk itu ia berpesan kepada jemaah, agar selalu memeriksa seisi rumah jika ingin istirahat malam atau jika hendak berpergian dan rumah dalam keadaan kosong.

“Pastikan seluruh kabel yang tidak dipergunakan agar dilepas. Begitu pula lampu apa bila siang dan rumah dalam keadaan kosong hendaknya dipadamkan. Begitu pula kompor agar benar-benar dalam keadaan mati. Jangan sampai terlupa. Karena peristiwa kebakaran kerap berawal dari listrik dan kompor,” katanya. (diskominfo/cha/mgm)