Bekapai Ramadan Kreatif Festival 2024, Siapkan Sektor Ekraf Sebagai Tumpuan Ekonomi Balikpapan

BALIKPAPAN - Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, Ratih Kusuma mewakili Wali Kota Rahmad Mas'ud resmi menutup Bekapai Ramadan Kreatif Festival 2024 pada Jumat (29/3/2024) sore di Gedung Parkir Klandasan.

Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya pada Forum Ekonomi Kreatif Kota Balikpapan. Karena terus melakukan dan berupaya, dalam mendorong dan menumbuhkan sektor ekonomi kreatif (ekraf)

"Festival ini sebagai bukti nyata. Bahwa bulan puasa tidak menjadi penghalang bagi kita untuk tetap berkreasi. Festival ini berlangsung selama tiga hari dengan berbagai kegiatan positif. Ini menunjukkan upaya kita, menyiapkan sektor ini sebagai tumpuan ekonomi di Balikpapan," ungkapnya.

Upaya yang dilakukan pemerintah kota Balikpapan untuk mengembangkan ekraf diantaranya, mengadakan berbagai pelatihan ekonomi kreatif, melakukan analisis faktor keberhasilan dan berkolaborasi bersinergi dan para pelaku industri kreatif.

"Dengan adanya kegiatan ini, menunjukkan Ramadan bisa menjadi momentum pertumbuhan ekonomi kreatif Kota Balikpapan," ungkapnya.

Untuk diketahui festival ini menghadirkan berbagai kegiatan menarik seperti bazar, produk kreatif workshop dan pertunjukan seni yang diikuti pelaku ekonomi kreatif dalam berbagai bidang.

"Saya optimis Bekapai Ramadan Kreatif Festival telah memberikan berbagai dampak positif bagi pelaku ekraf di Kota Balikpapan," tutur Ratih.

Ia pun berharap, berharap Forum Ekonomi Kreatif Kota Balikpapan dapat terus menyelenggarakan kegiatan serupa di tahun-tahun mendatang. "Saya yakin, dan kerjasama dan semangat yang tinggi ekonomi kreatif di Balikpapan akan semakin berkembang dan maju," ujarnya.

Ia pun berpesan agar pelaku ekonomi kreatif terus berkarya dan berinovasi, untuk menghasilkan produk dan jasa ekonomi kreatif yang berkualitas. Selain itu juga memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produk dan jasa ke oasar yang lebih luas.

"Juga bangunlah jaringan dan kerjasama dengan sesama pelaku ekonomi kreatif untuk saling memperkuat dan mendukung," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)