Wali Kota Balikpapan Resmi Dilantik Sebagai Ketua DMDI Provinsi Kaltim

BALIKPAPAN - wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud resmi dilantik sebagai Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (31/3/2024) di Aula Balaikota Balikpapan.

Pelantikan tersebut dilaksanakan oleh Presiden DMDI Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Mohd Rustam/Yang di-Pertua Negeri Malaka, Malaysia, bersama Ketua Umum DMDI Indonesia Datuk H Said Aldi Al Idrus.

Sebanyak 44 orang dilantik sebagai pengurus DMDI Provinsi Kaltim. Selain Wali Kota Balikpapan sebagai Ketua DMDI Kaltim, ia juga melantik Johan Marpaung sebagai Sekretaris DMDI Kaltim.

Pada pelantikan DMDI Kaltim ini, sejumlah jajaran pengurus merupakan pejabat di lingkungan Pemkot Balikpapan. Seperti Asisten Tata Pemerintahan Kota Balikpapan Zulkifli, Asisten Kesra dr Andi Sri Juliarty, Kepala DPU Balikpapan Rita, Kepala DP3AKB Alwiaty, Kepala BPPDRD Balikpapan Idham, Kepala DLH Balikpapan Sudirman Djayaleksana dan lainnya.

Sejumlah tokoh agama Balikpapan hadir dalam pelantikan pengurus dunia melayu dunia islam. Seperti Ketua MUI Balikpapan Habib Mahdar Al Qadri, KH Jaelani Mawardi dan Ketua Baznas Balikpapan.

Dalam sambutannya, Ketua DMDI Kaltim, Wali Kota Rahmad Mas’ud mengatakan akan menjalankan organisasi ini menjadi lebih baik. Ia akan menjalankan roda organisasi DMDI Kaltim Periode 2024-2027. Dia pun mengatakan akan menjaga amanah ini dengan baik.

“Kami akan berupaya yang terbaik dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab dalam memajukan DMDI di Kaltim,” katanya.

DMDI adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial budaya dan dakwah. Berdiri pada tahun 2000 di Malaka Malaysia. Kini organisasi Dunia Melayu Dunia Islam berkembang dan tersebar di 29 negara.

“Kami berupaya untuk menjalankan tujuan organisasi di Kaltim, termasuk dalam mendukung dan mensukseskan pembangunan IKN di Kaltim,” ujarnya.

Sementara, Ketua Umum DMDI Indonesia Datuk H Said Aldi Al Idrus mengungkapkan, pada tahun ini dan tahun depan, Kalimantan Timur, Balikpapan khususnya akan menjadi serambi ibu kota negara. "Karena itu Para pengurus yang dilakukan harus memiliki ide gagaras untuk umat maupun negara," ungkapnya.

Ia berharap, pengurus DMDI Provinsi Kaltim yang telah dilantik dapat konsisten di DMDI, kendati tidak lagi menjabat di lingkungan kerja yang saat ini. "Karena DMDI kita rajut dengan silaturahim. Bukan berdasarkan jabatan ketuanya. Kami harap kita semua ikhlas dalam menjalankan amanah ini," katanya. (diskominfo/cha/mgm)

Foto: Humas Pemerintah Kota Balikpapan