Jelang Idulfitri, Dinkes Siapkan Posko Pelayanan Kesehatan dan Siagakan Sejumlah Puskesmas

BALIKPAPAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan telah membuka posko pelayanan kesehatan pada Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah ini. Posko ini aktif sejak 4-15 April 2024. Ini adalah upaya Dinkes Kota Balikpapan mengantisipasi kebutuhan para pemudik, selama musim mudik dan libur lebaran.

Posko-posko ini berada di titik strategis, diantaranya Pelabuhan Ferry Kariangau, Terminal Batu Ampar, Pantai Manggar Segara Sari, dan Masjid Balikpapan Islamic Center (BIC). "Masing-masing posko tersebut ada tim medis, juga ada public safety center (PCS) 119," ungkap Kepala Dinkes Kota Balikpapan, Alwiati.

Pelayanan PSC 119 Balikpapan ini disediakan apabila ditemukan korban kecelakaan lalu lintas maupun kegawatdaruratan medis di tempat umum dan sebagainya.

"Jadi adanya posko ini, kami harapkan bisa dimanfaatkan masyarakat. Karena memang fungsinya untuk deteksi dini penyakit, agar jangan sampai kelelahan selama perjalanan mudik," tuturnya.

Selain itu, Dinkes juga membuka layanan puskesmas perawatan yang dibuka selama 24 jam. Meliputi Puskesmas Sepinggan, Balikpapan Selatan; Puskesmas Mekar Sari, Balikpapan Tengah; Puskesmas Klandasan Ilir, Balikpapan Kota; Puskesmas Baru Ulu, Kecamatan Balikpapan Barat; Puskesmas Karang Joang, Balikpapan Utara; Puskesmas Manggar Baru, Balikpapan Timur; Puskesmas Kariangau, Balikpapan Barat.

Kemudian juga Puskesmas non perawatan yang melaksanakan pelayanan pada saat hari libur Idulfitri 1445 Hijriah. Yakni per tanggal 8, 9, 12, 13 dan 15 April 2024. Puskesmas ini melayani mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WITA *pada hari tertentu pada masa cuti bersama sesuai jadwal yang ditetapkan dinas kesehatan*.

Puskesmas non perawatan antara lain, untuk Kecamatan Balikpapan Timur ada Puskesmas Teritip, Puskesmas Lamaru dan Puskesmas Manggar. Kemudian Puskesmas Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan.

Selanjutnya Kecamatan Balikpapan Kota ada Puskesmas Damai, Puskesmas Prapatan, Puskesmas Telaga Sari. Di Kecamatan Balikpapan Tengah ada Puskesmas Gunung Sari Ilir, Puskesmas Gunung Sari Ulu, Puskesmas Karang Rejo, Puskesmas Karang Jati, Puskesmas Sumber Rejo. Pada Kecamatan Balikpapan Utara meliputi Puskesmas Batu Ampar, Puskesmas Graha Indah, Puskesmas Gunung Samarinda, Puskesmas Muara Rapak.

Terakhir, Kecamatan Balikpapan Barat ada Puskesmas Baru Tengah, Puskesmas Baru Ilir, Puskesmas Marga Sari, Puskesmas Margo Mulyo. "Tim puskesmas non perawatan yang bertugas nanti ada dokter, perawat atau bidan, apoteker atau asisten apoteker, petugas administrasi dan sopir ambulance," pungkasnya. (diskominfo/cha/mgm)