Audiensi Pada Wali Kota Balikpapan, KPU Akan Launching Pilkada 2024 pada 4 Mei Mendatang

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menerima audiensi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Selasa (23/4/2024) di Ruangannya. Kedatangan tersebut sekaligus perkenalkan anggota KPU yang baru dilantik beberapa waktu lalu.

Selain memperkenalkan para komisioner yang kini menjabat, Ketua KPU Prakoso Yudo Lelono juga mensosialisasikan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang bakal dilaksanakan 27 November mendatang.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud menyatakan mendukung penuh pelaksanaan Pilkada 2024. Bahkan anggaran untuk pilkada ini juga telah dicairkan 100 persen. "Maka tentunya diharapkan tidak ada kendala ya, baik pada tahapan hingga pelaksanaan," tuturnya.

Ia juga berpesan pada tenaga kesehatan yang nantinya bertugas memeriksa kesehatan para penyelenggara, agar memastikan mereka yang bertugas sehat dan tidak memiliki penyakit bawan. "Tentunya tahapan ini akan melelahkan. Sehingga jangan sampai memakan korban," harapnya.

Sementara , Ketua KPU Prakoso Yudo Lelono menyampaikan, pada 4 Mei nanti akan ada launching Pilkada serentak se-Indonesia. Juga rekrutmen badan adhoc untuk persiapan pilkada. Selain itu pada audiensi ini KPU juga mengundang Wali Kota pada launching nanti.

"Rencananya launching akan kami laksanakan di BSSC Dome. Disitu akan kami tampilkan maskot Pilkada 2024," bebernya. Maka selanjutnya ada pula kegiatan penjurian maskot Pilkada 2024. Pada 23 April ini adalah hari terakhir pendaftaran logo maskot.

Ia melanjutkan, usai launching Pilkada 2024 di 4 Mei, akan mulai dibuka pendaftaran bakal calon perseorangan Wali Kota Balikpapan. "Kegiatan memang bertumpuk. Kami siapkan sosialisasi. Kami juga siapkan rekrutmen PPK dan PPS. Tapi yang awal PPK, 23-29 April," sebutnya.

Pihaknya saat ini juga menyiapkan pembukaan pendaftaran calon perseorangan bakal calon Wali Kota. Yang dimulai dengan pengerahan dukungan mulai 5 Mei. "Sementara untuk pendaftaran mulai 27 Agustus bersamaan dengan partai politik," bebernya.

Ia mengatakan, Wali Kota pada audiensi ini juga menekankan agar seluruh penyelenggaraan aman dan sehat. "Bagian dari aman adalah kesehatan seluruh penyelenggara, mulai dari kota hingga KPPS. Beliau harap tes kesehatan benar-benar diperhatikan," katanya.

Nanti akan difasilitasi oleh Dinas Kesehatan yang akan menugasi puskesmas. "Pak wali minta benar-benar diperhatikan soal tensi, gula darah, dan kolesterol. Selain itu juga memastikan penyelenggara tidak memiliki penyakit bawaan yang dapat berbahaya saat kelelahan," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)