Kunjungan Forkopimda Belitung, Bahas Kemungkinan Kerjasama dengan Balikpapan dan Mengenal IKN

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan menyambut kunjungan kerja Forkopimda Kabupaten Belitung, Selasa (23/4/2024). Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat I Balaikota Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud bersama Asisten Tata Pemerintahan Setdakot Balikpapan Zulkifli menyambut rombongan yang dipimpin Pj Bupati Belitung Yuspian. Kegiatan ini juga dihadiri perwakilan unsur forkopimda dari kedua daerah.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Belitung menyampaikan bahwa tujuannya datang ke Balikpapan adalah untuk mengenal Ibu Kota Nusantara (IKN). Yaitu untuk mengetahui ibu kota negara yang baru, yang nantinya kemungkinan akan sering dikunjungi.

Ia pun berharap akan ada penerbangan langsung dari Bangka Belitung ke Balikpapan. "Karena dalam beberapa waktu ke depan kemungkinan Kalimantan Timur ini akan lebih sering kami kunjungi karena adanya IKN ini," katanya.

Menurutnya juga, Balikpapan dan Belitung memiliki banyak kesamaan. Salah satunya keberadaan laut. Belitung juga menjadi penghasil hasil laut seperti ikan, rajungan, udang dan lainnya. Ia menambahkan, pihaknya juga ingin melihat potensi kerjasama dengan Kota Balikpapan.

"Dahulu di Belitung menghasilkan timah sejak tahun 70an. Namun kini Belitung telah dikembangkan pariwisatanya. Alhamdulillah jadi andalan. Kami sudah mengembangkan pariwisata dan masuk 10 Bali baru. Kami juga sudah ada kawasan ekonomi khusus pariwisata. Ini yang terakhir memperkuat status pariwisata," bebernya.

Ditambahkan Asisten Tata Pemerintahan Setdakot Balikpapan Zulkifli mengatakan, pihak Forkopimda Belitung yang hadir berharap memang ingin lebih mengetahui tentang IKN. Juga kemungkinan kerjasama dengan Balikpapan. Karena kemiripan dia daerah ini.

"Kalau di sana kan kota tambang timah. Mereka juga membahas tekait penanganan inflasi daerah. Juga bagaimana mengubah kota tambang menjadi kota wisata. Kan banyak yang mereka sharing dengan Balikpapan," terangnya.

Menurutnya Pemerintah Kota Balikpapan juga belajar dari Pemerintah Kabupaten Belitung. Misalnya pengelolaan wisata pantai yang bagus. "Pantainya bersih. Ini mungkin bisa kita pelajari. Walaupun memang penduduk di sana lebih sedikit dari Balikpapan," terangnya.

Ia pun berterimakasih atas kedatangan Forkopimda Belitung. Ia harap dapat berlanjut pada kerjasama. "Apalagi Balikpapan dan Belitung dekat sebenarnya. Namun sayangnya belum ada penerbangan direct. Nah nantinya jika ada penerbangan langsung ke sana, orang-orang bisa berlibur juga ke sana," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)