Jelang Grand Final, Forum Duta Lingkungan Hidup Balikpapan Lakukan Audiensi di Pemkot Balikpapan

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menyambut kedatangan Finalis Duta Lingkungan Hidup Tahun 2024 di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, Kamis (25/4/2024) di VIP Room Balaikota Balikpapan.

Pada kesempatannya, Wali Kota menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya 24 finalis Duta Lingkungan Hidup Kota Balikpapan pada tahun 2024 .

Dirinya mengatakan dengan adanya Duta Lingkungan Hidup di Kota Balikpapan, dapat menjadi contoh dan panutan bagi seluruh masyarakat Kota Balikpapan dalam hal pelestarian lingkungan hidup.

"Kota Balikpapan dianugerahkan penghargaan Adipura Kencana selama 2 tahun berturut-turut sebagai kota terbersih dalam kategori kota besar. Untuk itu harapannya dengan adanya Duta Lingkungan Hidup ini dapat menjadi panutan dan memberikan contoh yang baik dalam hal pelestarian lingkungan kepada masyarakat Kota Balikpapan," ujarnya.

Dengan hadirnya Ibu Kota Negara Nusantara, tentunya diiringi dengan pertumbuhan jumlah masyarakat pendatang di Kota Balikpapan, Wali Kota juga berpesan kepada para Finalis Duta Lingkungan Hidup untuk memberikan edukasi kepada warga pendatang dalam mencerminkan kearifan lokal masyarakat Balikpapan yang cinta lingkungan.

"Ini menjadi komitmen kita bersama. Jika menemukan perilaku yang tidak sesuai terkait kelestarian lingkungan, jangan ragu-ragu untuk menegur, supaya menjadi suatu kebiasaan baik, salah satunya membuang sampah pada tempatnya. Jika sudah menjadi suatu kebiasaan, maka akan menjadi suatu budaya, termasuk budaya bersih, budaya cinta lingkungan," pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Founder Duta Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, Resti Yusuf menyampaikan, bahwa dengan adanya Duta Lingkungan Hidup di Kota Balikpapan dapat menjadi satu ikhtiar untuk dapat mempertahankan penghargaan Adipura sebagai Kota Terbersih di Indonesia.

"Adipura harus dipertahankan, harga mati buat kita. Dengan kehadiran Duta Lingkungan Hidup ini menjadi pengingat kepada masyarakat, khususnya generasi muda untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan hidup di Kota Balikpapan," kata Resti.

Dengan mengangkat tema 'Nawasena Buana Nusantara' yang artinya adalah masa depan cerah dengan harapan untuk Nusantara, agenda Grand Final pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kota Balikpapan tahun 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 4 Mei 2024 mendatang di Gedung Kesenian Kota Balikpapan. (diskominfo/arh/mgm)