Jamah Haji Balikpapan Laksanakan Manasik Tingkat Kota

BALIKPAPAN - Manasik Haji 1445 Hijriah se-Kota Balikpapan dilaksanakan Rabu (1/5/2024) di Embarkasi Haji Balikpapan. Kegiatan ini diikuti 553 orang, dari yang seharusnya 564 orang jamaah.

Wali Kota Rahmad Mas'ud dalam kesempatan tersebut berpesan agar jamaah tidak lupa berdoa untuk keluarga, anak, termasuk bangsa Indonesia.

"Semoga bangsa ini tetap jadi bangsa yang besar. Dan Kalimantan Timur dengan pemindahan Ibu Kota Nusantara bisa berjalan lancar," ungkapnya.

Ia juga mengingatkan jamaah agar menjaga sikap dan menaati peraturan selama berada di tanah suci nantinya. "Jangan buang sampah sembarangan. Jangan berbicara buruk, sebaiknya banyak berbicara yang baik-baik," pesannya.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kota Balikpapan, Suharto Baijuri mengungkapkan, pihaknya telah menyampaikan pada jamaah untuk melakukan pelunasan.

"Tapi ada yang tidak istito'ah. Jadi hajinya dilakukan penundaan. Istito'ah ini berkaitan dengan kesehatan," ungkapnya. Ada yang mengakami gagal ginjal, stroke, diabetes, atau hami.

Penundaan untuk beberapa jamaah juga dilakukan bafi mereka yang tidak dapat melakukan pelunasa. Beberapa mengundurkan diri. Dan ditunda tahun depan. "Mereka mengisi surat yang isinya bisa melakukan haji di tahun depan dan tahun ini ditunda," terangnya.

Ada sekira 50 jamaah haji yang melakukan penundaan. Karena beberapa yang berangkat juga ada yang dari cadangan.

Setelah manasik haji dilaksanakan, jamaah selanjutnya akan diberangkatkan. Pada 13 Mei mereka akan diberangkatkan, berangkat dari Islamic Center menuju Embarkasi dan masuk masa karantina.

"Pada kloter pertama Kalimantan Timur penerbangan Balikpapan ada 319 orang. Sementara untuk penerbangan dua kloter Balikpapan di 1 Juni. Ini kloter 14. Penerbangan tiga di tanggal 18 Juni," sebutnya.

Dia menambahkan, manasik haji sudah dilakukan sejak 20 April lalu, tingkay kecamatan. Dan kali ini adalah tingkat kota yang dilaksanakan selama dua bulan hari. "Nanti kami akan laksanakan juga kegiatan mental spiritual jamaah haji untuk ketenangan mental mereka," tandasnya. (diskominfo/cha/mgm)