Berskala Nasional, Balikpapan Health Conference and Expo 2024 Dibuka


BALIKPAPAN - Balikpapan Health Conference and Expo 2024 dibuka oleh Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik di Atrium Pentacity Mall Balikpapan, Kamis (9/5/2024). Pj Gubernur didampingi oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud; Kepala Dinas Kesehatan Kota (Dinkes) Alwiati; dan Ketua Panitia Balikpapan Health Conference and Expo 2024 Andi Sri Juliarty.

Event berskala nasional ini akan berlangsung mulai 9-11 Mei 2024. Usai membuka kegiatan, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik; Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan rombongan juga sempat meninjau di 32 stand yang tersedia.

Mengusung tema mewujudkan transformasi kesehatan untuk Indonesia maju, Balikpapan Health Conference and Expo 2024 ini juga bertujuan untuk mempersiapakan Balikpapan sebagai kota yang maju, sebagai kota penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pj Gubernur Akmal Malik menyebut, event ini menjadi penting bagi Kalimantan Timur, sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN). Khususnya dalam bidang kesehatan. "Apalagi, Presiden Joko Widodo telah melakukan rangkaian groundbreaking atau peletakan batu pertama beberapa Rumah Sakit bertaraf Internasional di IKN," ungkapnya.

Ia juga menilai, event ini penting bagi Kaltim karena berpotensi dapat mengembangkan industri kesehatan. Dengan begitu maka bisa dilakukan percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik di Indonesia.

"Tentunya kita berharap Kaltim mengambil keuntungan dari IKN ini, khususnya di bidang kesehatan. Sehingga sebagaimana arahan Menteri Kesehatan, agar tidak ada lagi masyarakat berobat ke luar negeri, tapi bisa ke Kaltim," tuturnya.

Sementara, Wali Kota Rahmad Mas'ud menyebut, event ini menjadi magnet para distributor kesehatan yang peka akan peluang adanya IKN di Kaltim.

"Pastinya akan banyak alat-alat kesehatannya yang dibutuhkan di Balikpapan. Maka saya tantang juga para distributor agar membangun industrinya di kawasan IKN, khususnya Balikpapan," tuturnya.

Ditambahkan Ketua Panitia Andi Sri Juliarty, event ini menindaklanjuti arahan dari Wali Kota Balikpapan untuk mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan nasional. Baik pelaksanaan ekspo, maupun pemaparan ilmiah.

Dalam hal ini, Dinkes Balikpapan turut bekerjasama dengan Dinas Kesehatan se-Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (Adinkes).

Event terbesar di bidang kesehatan tahun 2024 ini akan menghadirkan tiga keynote speaker. Di antaranya Menteri Kesehatan, Menteri Desa, dan kepala BKKBN pusat. Juga narasumber lainnya dari para pakar maupun profesor yang datang turut memaparkan materi.

Pembahasannya pun beragam, yakni tentang jaminan kesehatan, tentang kesehatan ibu dan anak, tentang penyakit tidak menular, tentang alat kesehatan dan lain sebagainya. Expo, akan berlangsung di dua Atrium Mall yakni di Jatra Hotel Balikpapan dan Atrium Mall Pentacity. (diskominfo/cha/mgm)