Persiapan Rakernas Apeksi XVII, Panitia Komunikasikan bersama Forkopimda dan Apeksi Pusat

BALIKPAPAN - Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan dalam rangka persiapan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVII di Balikpapan dibuka Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud (8/5/2024).

Pada rapat ini wali kota didampingi Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam dan Ketua Harian Rakernas Apeksi, Zulkifli. "Kami mohon dukungan dalam pelaksanaan Rakernas Apeksi. Termasuk dari Forkopimda dan OPD. Kami telah berkomunikasi juga, termasuk dengan Apeksi pusat," ungkapnya.

Komunikasi terus dilakukan bersama Apkesi pusat terkait tamu yang akan hadir nanti. Seperti kemungkinan hadirnya presiden hingga wali kota se-Indonesia.

Pada kesempatan ini Zulkifli menyampaikan beragam rangkaian kegiatan maupun kegiatan pendamping yang akan berlangsung selama Rakernas Apeksi XVII. Tema yang akan diusung yakni "Kota Sejahtera Indonesia Maju".

"Bahwa kegiatan ini diharapkan bisa mengangkat perekonomian kota. Kita selaraskan melalui tema ini," ungkapnya.

Ia membeberkan, rangkaian kegiatan diantaranya Rakernas Apeksi, Indonesia City Expo (ICE), Youth City Changer, Gala Dinner, Karnaval Budaya Nusantara yang akan diikuti sekira 60 peserta, dan lainnya.

Ia memaparkan teknis kegiatan dan lokasi-lokasi venue. Seperti diketahui, venue utama adalah BSSC Dome dan sekitarnya. Selain itu juga akan digelar kegiatan di Hotel Novotel dan sejumlah lokasi lainnya.

Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam menyambut baik semua persiapan yang telah dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan. Ia berharap koordinasi bersama forkopimda juga terus dimaksimalkan. "Karena kita akan menghadirkan tokoh-tokoh nasional," katanya.

Ia menyampaikan beberapa hal yang diperlukan untuk persiapan pelaksanaan Rakernas Apeksi ini. "Catatan untuk panitia juga, kita bukan hanya perlu menghitung di transaksi di ICE, tapi juga dari seluruh rangkaian kegiatan," tuturnya.

Termasuk keterlibatan UMKM, perputaran di sektor ritel dan hunian, serta lainnya. "Kami juga akan berkoordinasi de.gan lintas sektor maupun mitra swasta," tandasnya.(diskominfo/cha/mgm)