Wali Kota Lepas Jamaah Haji Kota Balikpapan Kloter Pertama

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud resmi melepas jamaah haji kloter pertama di Balikpapan Islamic Center (BIC), Senin (13/5/2024). Pelepasan ditandai dengan penyematan rompi secara simbolis yang dilanjutkan dengan menyalami para jamaah haji.

Para jamaah juga terlihat diantar oleh sanak saudara yang yang selanjutnya akan mulai masuk ke asrama. Mereka dibawa menggunakan bus menuju Embarkasi Haji yang berlokasi di kawasan Batakan, Manggar, Balikpapan Timur.

Wali kota menyampaikan, para jamaah mesti bisa menjaga diri dan kekompakan antar sesamanya di tanah suci. Ia pun mengatakan berencana untuk melaksanakan ibadah haji pada 9 Juni 2024 mendatang. Pada kesempatan itu ia sekaligus ingin memastikan kondisi para jamaah haji asal Balikpapan.

"Saya ingin memastikan jamaah Balikpapan aman di sana. Suhu disana hampir 40 derajat, jadi perbanyak minum air putih dan jangan sampai dehidrasi. Semua jamaah berangkat dalam keadaan sehat walafiat dan semoga kembali dalam keadaan sehat serta menjadi haji yang mabrur," pesannya.

Ada sebanyak 319 jamaah haji Balikpapan yang akan diberangkat ke tanah suci Mekkah, pada Selasa (14/5/2024). Nantinya mereka akan dilepas PJ Gubernur Kaltim, Akmal Malik. "Saling tolong menolong dan saling mengingatkan antar jamaah haji satu sama lain. Kita bersaudara sebagai warga negara indonesia yang akan melaksanakan panggilan Allah SWT di Baitullah," ungkapnya.

Sementara, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Balikpapan, Masrivani mengatakan bahwa total keseluruhan jamaah haji dari Balikpapan yang berangkat tahun ini sebanyak 507 jamaah. Mereka mesti mempersiapkan diri, karena suhu di tanah suci cukup panas.

Untuk diketahui, keberangkatan jamaah haji Balikpapan ke Tanah Suci akan dibagi menjadi dua gelombang. Balikpapan menjadi kloter penerbangan pertama di Kalimantan, yang dibagi menjadi tiga kloter. Saat ini sebanyak 17 ribu jamaah masih tersisa dalam daftar tunggu di Balikpapan.

Secara rinci ada 324 jamaah haji kloter pertama asal Balikpapan telah dilepas menuju Embarkasi Haji. Yang mana kloter pertama ini ada 319 jamaah disertai lima petugas pendamping.

"Jamaah Balikpapan terbagi menjadi tiga kloter. Jamaah pada kloter pertama akan mulai masuk ke Embarkasi Haji, kemudian akan berangkat ke Tanah Suci pada besok," kata Masrivani.

Selanjutnya pada kloter 14 akan berangkat pada 2 Juni 2024 dan kloter 18 akan diberangkatkan pada 8 Juni 2024. Kedua kloter ini tergabung dalam gelombang kedua. "Gelombang pertama itu akan mendarat di Madinah, untuk yang gelombang kedua akan mendarat di Jeddah langsung," tutupnya. (diskominfo/cha/mgm)