Wali Kota Tinjau Stadion Batakan, Akan Digunakan Pada ASEAN Club Championship

 BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud meninjau Stadion Batakan di Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, Selasa (14/5/2024) pagi. Ini dilakukan sehubungan dengan rencana ASEAN Club Championship yang menjadikan Stadion Batakan sebagai salah satu venue pertandingan.

Ia meninjau bersama Direktur Utama Borneo FC, Ponaryo Astaman, juga sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan yang mendampingi. Antara lain Kepala Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Agus Budi Prasetyo; Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Rita.

Wali Kota Rahmad Mas'ud mengatakan, dari tinjauan ini secara fisik sudah terlihat. Apalagi memang stadion ini sudah digunakan beberapa kali.

"Jadi kesiapan kita Insyaallah. Kalaupun ada kekurangan mungkin pernak-perniknya. Kami juga pastikan cek langsung kesiapan. Pastinya Stadion Batakan akan selalu siap untuk mengadakan turnamen di tingkat nasional maupun internasional," ungkap Wali Kota Rahmad Mas'ud.

Menurutnya secara fisik lapangan tidak memerlukan perbaikan. Kemungkinan akan dilengkapi. Misalnya lapangan untuk latihan saja, dan ini adalah syarat untuk menjadikan stadion ini standar untuk kegiatan nasional maupun internasional.

"Yang jelas kami bersama Pemerintah Kota Balikpapan akan siap mendukung semua kelengkapan. Yaitu fasilitas yang dibutuhkan terutama di bidang olahraga. Ini pun tidak hanya untuk sepak bola, tapi juga yang lain," katanya.

Ia juga melihat potensi beberapa tempat yang bisa dimanfaatkan sebagai tenant di bagian bawah stadion. Ini memungkinkan untuk digunakan UMKM maupun sebagai tempat peristirahatan. "Nah, kalau untuk jaringan internet akan kami lihat. Kami komunikasikan," katanya.

Sementara Direktur Utama Borneo FC, Ponaryo Astaman mengatakan, pihaknya memilih Stadion Batakan karena dianggap berdekatan. Selain itu di Balikpapan dukungan cukup luar biasa. "Makanya kami berharap saat bermain dukungan terus berlipat," katanya.

Saat ini menurutnya yang paling urgent adalah lapangan latihan. Ia menyampaikan terimakasih pada Wali Kota Balikpapan karena baik Borneo FC maupun PSM menggunakan Stadion Batakan sebagai home base. "Tentu dengan kesanggupan pihak pemkot dalam hal ini pak wali. Nanti pada saat latihan pastinya lebih proper untuk kedua tim ini di level Asia nanti," katanya. (diskominfo/cha/mgm)