Wali Kota Resmikan Cold Storage Teritip, Fasilitasi UMKM dan UKM

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud meresmikan Cold Storage Teritip di Balikpapan Timur, Selasa (14/5/2024). Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti dan penarikan tirai. Selanjutnya wali kota bersama para pejabat yang hadir melakukan peninjauan ruang pendingin tersebut.

Ia mengatakan dalam sambutannya, inovasi cold storage adalah upaya memenuhi sarana maupun pendukung dalam menyiapkan Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN). Ini membutuhkan peranan Balikpapan yang sangat strategis.

"Balikpapan memiliki peran sangat potensial. Jadi kehadiran kami di pemerintahan ini bagaimana menyediakan fasilitas sarana yang memudahkan para pelaku UMKM. Agar mereka bisa terus eksis, karena nanti biaya-biaya yang dikenakan akan relatif lebih ringan," ungkapnya.

Ia berharap fasilitas cold storage ini bisa membantu para pelaku UMKM, pelaku usaha di Kota Balikpapan. Mampu bekerja sama dengan pemerintah, apalagi dnegan harga cukup murah yakni, jasa pembekuan mulai dari Rp2.000 per kg per hari.

"Pemerintah hadir di sini bukan untuk mencari keuntungan. Namun memfasilitasi para pelaku usaha agar semakin bertumbuh. Beriringan dengan fasilitas yang disediakan. Meskipun mungkin swasta sudah ada yang menyediakan cold storage, namun kami harap dengan adanya cold storage ini lebih meringankan pelaku usaha di Balikpapan," katanya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perindustrian (DKUMKMP) Balikpapan, Heruressandy Setia Kesuma menambahkan, cold storage ini sebenarnya telah berdiri sejak akhir tahun 2022.

Namun, operasionalnya baru dijalankan lantaran beberapa kegiatan pemeriksaan, yang kemudian menunggu Peraturan Daerah (Perda) tentang retribusi daerah. "Sejak awal tahun kita konsolidasi kembali dengan bagian aset dan akhirnya di bulan Mei ini kita lakukan peresmian," kata Heru.

Sehingga mulai hari ini dan seterusnya, cold storage sudah menerima layanan untuk penyimpanan maupun pembekuan khusus komoditas ikan, daging, sayuran dan buah-buahan segar.

Untuk informasi, cold storage ini berkapasitas mencapai 80 ton. Dengan rincian, 60 ton untuk penyimpanan atau pendingin, kemudian 20 ton untuk pembekuan.

"Suhunya bisa mencapai 40 derajat celcius yang pembekuan. Kalau yang pendinginan atau penyimpanannya itu bisa sampai -17 derajat celcius," imbuh Heru.

Adapun untuk retribusi sesuai Perda, tarif penyimpanan pada cold storage ini mulai dari harga Rp100 rupiah per kg per hari. Sementara untuk pembekuan Rp2.000 per kg per hari. Sedangkan untuk penyewaan semua layanan di cold storage seharga Rp85 juta rupiah per bulan.

Heru membeberkan, untuk konsumen hari ini baru berasal dari warga setempat merupakan pelaku usaha amplang. Sekitar 250 kg ikan. "Disimpan dari kemarin, hari ini sudah mulai masuk hari kedua. Jadi cold storage ini akan beroperasi 24 jam," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Balikpapan juga memberikan penghargaan dan bantuan untuk perajin batik Balikpapan, yakni Batik Shaho. Bantuan tersebut berupa mesin batik tulis digital. Selain itu juga ada penyerahan sertifikat halal lagi perwakilan pelaku industri Kota Balikpapan. (diskominfo/cha/mgm)