Persiapan Pilkada 2024, Anggota PPK Dilantik dan Diambil Sumpah Jabatan

BALIKPAPAN - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Balikpapan, Sutadi mewakili Wali Kota Rahmad Mas'ud hadir dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Kepala Daerah 2024, Kamis (16/5/2024) di Hotel Platinum Balikpapan.

Sebanyak 30 orang PPK akan bertugas pada gelaran pemilihan wali kota dan gubernur yang digelar 27 November mendatang. "Saya harapkan setelah dilantiknya PPK ini, saudara-saudara dapat menjalankan amanat dengan baik dan penuh tanggung jawab," ungkapnya.

Terlebih pemilu kali ini cukup unik. Karena baru pertama kalinya pemilih presiden, pemilihan legislatif, dan kepala daerah diselenggarakan pada tahun yang sama, walaupun ada selisih wkatu beberapa bulan.

"tugas yang akan diemban tentu tidak mudah. Karena saudara akan jadi bagian dari upaya penyelenggaraan Pilkada yang bermartabat. Pemerintah Kota Balikpapan menghormati dan mendukung prosedur kerja KPU dan jajaran di bawahnya," ungkapnya.

Pilkada ini memiliki arti yang sangat penting dalam menghasilkan pasangan kepala daerah yang berfokus pada pembangunan. "Kita berharap Pilkada bisa berjalan dengan aman. Namun jika terjadi persoalan, tetap memegang etika dalam menangani. Aturan, pedoman dan kode etik," tegasnya.

Ia juga menyampaikan agar para camat memfasilitasi sebaik-baiknya para PPK ini. Karena nantinya mereka akan bertugas di lingkungan Kecamatan. "Bahwa pemerintah memfasilitasi termasuk dengan penyediaan anggaran dan fasilitasi badan adhoc dan lainnya," katanya.

Ketua KPU Kota Balikpapan, Prakoso Yudo Lelono mengungkapkan, Pihaknya telah melantik 30 orang PPK yang nantinya bisa segera membantu KPU Kota Balikpapan melaksanakan tugas tingkat kecamatan.

"Yang kemudian nanti akan disusul oleh badan adhoc tingkat Kelurahan. Semoga berjalan lancar. Sehingga tahapan yang ada dapat diselesaikan secara tuntas dan maksimal," ungkapnya.

Para petugas ini akan menjalankan tugas sesuai visi. Yakni sukses, tuntas, dan berkualitas. Sukses perencanaan dan persiapan, bentar semua tahapan, dan pemimpin yang terpilih berkualitas. "Sehingga nantinya pemimpin yang terpilih memberi kemanfaatan pada masyarakat Balikpapan," tuturnya.

Berkaca dari Pemilu yang dilaksanakan Februari lalu, semua berjalan lancar. Jika pun ada dinamika-dinamika, ini tidak krusial. "Mohon semua unsur dan elemen masyarakat dapat mendukung kesuksesan Pilkada tahun 2024 ini," harapnya. (diskominfo/cha/mgm)