Wali Kota Apresiasi Peran Migas utnuk Balikpapan pada Pembukaan Liga Migas Cup X

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengapresiasi peran Pertamina bersama perusahaan migas lainnya yang ikut berkontribusi dalam kemajuan Kota Balikpapan. Ia menyampaikan terima kasih pada para pekerja migas, jajaran MOR, PHM, PHKT dan lainnya.

Pada momen pembukaan Liga Migas Cup X di GOR Gelora Patra Pertamina RU V, ia mengatakan bahwa kegiatan semacam ini menjadi ajang untuk silaturahmi para peserta dan penyelenggara. Termasuk juga dengan para tamu undangan seperti Pemerintah Kota Balikpapan.

Ia mengatakan, bagaimana pun, Kota Balikpapan ini ada berkat peran industri migas. Ia menjelaskan, Balikpapan dengan pengeboran pertama Sumur Mathilda dilaksanakan tahun 1897. "Ini yang membuka hingga Balikpapan terbentuk. Apalagi dengan peran migas juga kondisi Balikpapan bisa terjaga dan terpelihara," ungkap wali kota.

Ia mendukung penuh berbagai kegiatan positif yang dilaksanakan pihak migas, termasuk Liga Migas Cup X ini. Karena dengan kebersamaan yang tumbuh, terbentuk kekompakan.

"Terlebih di tengah pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN). Ini nantinya semakin membentuk peradaban baru di kota Balikpapan. Kita perlu seiring sejalan untuk menyukseskan pemindahan IKN," ujarnya.

Ia menambahkan, nantinya akan membentuk peradaban Indonesia maju di Kalimantan Timur. Ini juga menjadi upaya pemerataan pembangunan di Kalimantan Timur.

Sementara, Ketua Panitia Roni Herdiyanto mengatakan, kegiatan semacam ini digelar dari tahun ke tahun. Kendati sempat terhenti karena Covid19. Namun kini berlanjut juga dengan support pemerintah daerah. Apalagi ini juga apalagi ini juga melibatkan perusahaan di Kalimantan dan Sulawesi.

"Peserta dari 14 perusahaan, merata dari Jawa, Sumatera, Sulawesi, Maluku hingga Papua. Selain pertandingan kami juga menggelar eksibisi. Kegiatan ini kami laksanakan di dua lokasi yaitu GOR Gelora Patra RU V DAN Gelora PHKT," jelasnya.

Liga Migas Cup X berlangsung dua hari, 18-19 Mei 2024. Kegiatan dimulai dengan pembukaan dan penyisihan, dan esok hari dilaksanakan semifinal. (diskominfo/cha/mgm)