Wali Kota Lantik 1.058 ASN di Lingkungan Pemkot Balikpapan

BALIKPAPAN - Sebanyak 1.058 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdiri dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan jabatan fungsional resmi dilantik, Senin 20/5/2024) di halaman Balaikota Balikpapan.

Rincian ASN yang dilantik, meliputi 35 orang PNS yang belum diambil sumpah dan janji, 1.023 orang PPPK dan 4 orang jabatan fungsional.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud berharap, pelantikan ini hendaknya dimaknai sebagai semangat agar bisa meningkatkan diri dengan sebaik-baiknya dimanapun ditempatkan.

"Pahami dan jalani peran saudara sesuai bidang yang diyakini. Diharapkan ini tak hanya seremonial semata, tapi jadi bukti kesanggupan dan kesungguhan dalam melaksanakan tugas," harapnya.

Ia mengatakan, pengambilan janji dan sumpah ini disaksikan pula oleh Tuhan Yang Maha Pencipta, sehingga harus dijalani dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana sumpah yang telah disampaikan.

"Pemerintah Kota Balikpapan juga mesti mempersiapkan diri sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN). Sehingga para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan harus bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Untuk menyambut pemindahan IKN," ujarnya wali kota.

Para ASN ini juga diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat. Agar janji yang baru diucapkan melekat ke dalam diri. "Saya ingatkan, bahwa dalam pelaksanaan tugas jangan sampai terjadi penyimpangan. Tak hanya menjunjung tinggi kejujuran untuk kehormatan instansi, tapi juga keluarga," tegasnya.

Ditambahkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), para ASN yang dilantik berasal dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan merata.

"Termasuk juga tenaga kesehatan maupun guru. Tenaga teknis juga ada di beberapa OPD. Kemudian juga adada dari lukusan STAN (Sekolah Tinggi Administrasi Negara) di BKAD (Badan Keuangan dan Aset Daerah) empat orang. Ini juga diambil sumpahnya," pungkasnya. (diskominfo/cha/mgm)