Pendaftaran Komcad Darat Dibuka, Pemkot Dorong Peran Aktif Masyarakat Balikpapan untuk Perkuat Pertahanan Negara

BALIKPAPAN - Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan) Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin terlibat dalam pertahanan negara. Kesempatan ini dibuka melalui pembentukan komponen cadangan (Komcad) Matra Darat tahun 2024.

Komcad merupakan komponen pertahanan negara yang terdiri dari warga yang memenuhi syarat, secara sukarela mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan militer, untuk nantinya terlibat dalam memperkuat pertahanan negara.

"Saya menyambut baik pembentukan Komcad Matra Darat Tahun 2024 ini sebagai kesempatan bagi masyarakat Balikpapan, untuk menunjukkan rasa cinta tanah air, juga komitmen dalam menjaga keutuhan bangsa," ungkap Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan, Boedi Liliono, pada Selasa (21/5/2024).

Pemerintah Kota Balikpapan pada Selasa pagi terlibat dalam kegiatan Sosialisasi Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat Tahun Anggaran 2024 oleh tim Dirjen Pothan Kemenhan RI yang dilaksanakan di Aula Balaikota Balikpapan. Menurut Boedi, Komcad dapat memperkuat sistem pertahanan negara, khususnya wilayah strategis seperti Kota Balikpapan.

"Pembentukan Komcad ini tidak lepas dari sejarah panjang perjuangan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bagaimana para pahlawan berjuang memperebutkan dan mempertahankan kemerdekaan dengan semangat patriotisme, sehingga semangat ini harus terus dilestarikan kepada generasi muda," ungkapnya.

Hal tersebut menjadi dasar pembentukan Komcad. Ini menjadi langkah strategis dalam memperkuat sistem pertahanan negara, dengan mengacu pada amanat undang-undang nomor 23 tahun 2019, yaitu tentang Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

"Kota Balikpapan sebagai otot utama Ibu Kota Nusantara memiliki posisi strategis dalam peta pertahanan negara. Maka peran aktif masyarakat Balikpapan dalam mempertahankan kedaulatan negara jadi sangat penting," ujarnya.

Ia sangat mengharapkan sosialisasi ini dapat memberikan informasi yang jelas dan komprehensif mengenai Komcad. "Dengan begitu akan bangkit minat dan partisipasi masyarakat untuk mendaftarkan diri menjadi anggota Komcad," pungkasnya.

Pendaftaran Komcad Matra Darat dibuka mulai tanggal 1 Mei sampai 7 Juni 2024, lokasi di Kodam VI/Mulawarman Kalimantan.

Link Pendaftaran Online : https://komcad.kemhan.go.id/komcad/registrasi
Penerimaan Pendaftaran : https://komcad.kemhan.go.id/lokasi-pendaftaran-baru

(diskominfo/cha/arh)