Rakernas APEKSI XVII di Balikpapan, Wali Kota Optimis Perekonomian Akan Alami Pertumbuhan

BALIKPAPAN - Rangkaian agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) akan dimulai pada 1-6 Juni 2024 mendatang. Pemerintah Kota Balikpapan selaku pelaksana terus memantapkan persiapan acara.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud mengungkapkan, diprediksi, akan ada sekitar 5 ribu peserta lebih yang akan datang ke Kota Balikpapan. Mereka akan terlibat dalam sejumlah event, termasuk diantaranya Karnaval Budaya Nusantara, dimana para peserta Rakernas APEKSI XVII akan mewakili daerahnya masing-masing.

"Maka saya meminta masyarakat Kota Balikpapan menjaga kondusivitas kota, yang harus kita jaga. Termasuk juga di tengah pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang jadi tolak ukur Balikpapan sebagai terasnya Ibu Kota," ungkapnya.

Pelaksanaan Rakernas APEKSI XVII di Kota Balikpapan ini tentunya akan memberi efek bagi Kota Balikpapan, termasuk di bidang ekonomi. Dengan datangnya kurang lebih lima ribu peserta ke Kota Balikpapan, pelaku UMKM atau pelaku perekonomian lainnya pasti akan mengalami pertumbuhan.

"Anggaran yang kita keluarkan sekira Rp16 Miliar. Tetapi dampaknya nanti, setelah kami hitung, sekira Rp47 Miliar akan berputar di Kota Balikpapan. Pelaku kuliner harus mempersiapkan makanannya. Jaga kualitas makanan kita, kuliner Kota Balikpapan," katanya.

Pada sejumlah kegiatan, UMKM Kota Balikpapan juga akan dilibatkan. Sekira 200 tenant akan disiapkan di lokasi acara. Kendati demikian, dirinya mengatakan ribuan UMKM lainnya pasti akan menjadi tujuan wisata kuliner para tamu yang datang. "Maka seluruh UMKM harus menyiapkan yang terbaik agar tamu-tamu ini kecanduan datang ke Balikpapan," ujarnya.

Ia menekankan, jangan sampai kuliner Kota Balikpapan mendapatkan catatan tidak baik para tamu yang datang. "Karena jika membawa catatan baik, mereka pasti akan berkunjung kembali ke Balikpapan," tandasnya.

Terkait persiapan saat ini, jajaran perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan sudah melakukan rapat bersama Ketua Pelaksana, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin. Acara inti Rakernas APEKSI XVII akan berlangsung mulai 3 Juni nanti.

"Semoga bapak Presiden dapat membuka kegiatan ini. Akan dihadiri sekitar 79 kepala daerah, juga 11 orang Sekretaris Daerah dan ada 13 daerah belum mengkonfirmasi dari total 98 Wali Kota se-Indonesia," ungkap Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud saat konferensi pers di Lobi Balaikota Balikpapan pada Selasa (28/5/2024).

Dalam menyambut antusiasme para tamu dari berbagai daerah kota di Indonesia, Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta menyambut para tamu, salah satunya tetap menjaga kebersihan kota, karena hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri dari Kota Balikpapan sebagai kota terbersih se-Indonesia.

Agenda inti dari pelaksanaan Rakernas APEKSI XVII ialah pemilihan Ketua APEKSI periode 2024-2029. Selain acara tersebut, ada banyak isu nasional yang akan diangkat dan dibahas pada rakernas, termasuk Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud yang akan menjadi narasumber untuk membahas peranan strategis Balikpapan sebagai beranda IKN.

"Imbas dan pengaruh IKN harus kita angkat. Balikpapan tidak boleh hanya menjadi penonton. Juga bagaimana ketersediaan fasilitas dan sarana di Kota Balikpapan, kami akan angkat di Rakernas. Tentunya beberapa daerah lain juga akan membahas tentang struktur maupun fasilitas ini. Termasuk penyediaan air bersih yang menjadi poin utama," tuturnya.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan sudah dipersiapkan oleh masing-masing perangkat daerah pengampu, meliputi Gala Dinner, sidang Rakernas APEKSI XVII, Youth City Changer, pentas seni, senam bersama dan City Tour, lalu ada sarasehan dan Ladies Program, Karnaval Budaya Nusantara, juga kegiatan penanaman pohon. Selain itu juga ada kegiatan pendamping yaitu Indonesia City Expo (ICE) yang ke-20 juga turut serta untuk meramaikan rangkaian kegiatan Rakernas XVII APEKSI Tahun 2024 di Kota Balikpapan. (diskominfo/cha/arh)